Mobil Jangan Main Terabas Genangan Air, Jaga Empati Pemakai Jalan Lain

Kompas.com - 18/02/2022, 12:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Video tayang di media sosial memperlihatkan pengemudi mobil yang tidak menurunkan kecepatan saat melintasi banjir atau genangan air sehingga merugikan orang lain.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly, mobil tersebut melaju tanpa mengindahkan orang di tepi jalan, sehingga membuat beberapa motor yang diparkir jatuh.

Baca juga: Kasus Omicron Melonjak, Ajang Street Race Batal Sementara

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, selain kemampuan yang mumpuni, berkendara juga butuh etika.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

“Perilaku pada tersebut jelas tidak baik karena ada yang dirugikan. Hal ini banyak terjadi, ada yang sengaja maupun tidak sengaja,” ujar Sony, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Pengendara yang sengaja melakukan hal ini tipe pengemudi yang bersenang-senang di atas penderitaan orang lain, ini yang dbilang pengemudi agresif,” katanya.

Oleh sebab itu, Sony menyarankan kepada pengguna jalan untuk hati-hati dan melambatkan laju kendaraannya saat melewati genangan air seupaya kejadian tersebut tak terjadi lagi.

Baca juga: Ganjil Genap di Bandung Berlaku Lagi Akhir Pekan Ini

Banjir akibat luapan air Kali Lamong di Gresik meluas, delapan desa di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, sudah tergenang, Kamis (10/2/2022) siang WIB.KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Banjir akibat luapan air Kali Lamong di Gresik meluas, delapan desa di Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang, sudah tergenang, Kamis (10/2/2022) siang WIB.

Memang ketika melintasi genangan air atau banjir, pengemudi dituntut untuk menjaga kondisi gas agar tidak mauk ke ruang mesin lewat knalpot.

“Pada kondisi hujan, cipratan akibat kendaraan menerobos genangan air pasti sering. Jadi butuh kontrol kecepatan dan perhatikan kondisi di depan, jangan asal injak pedal gas,” ucap Sony.

“Saat mata menangkap adanya genangan air segera melambat, cukup injak rem tidak perlu hazzard. Keuntungannya selain cipratan tidak mengganggu orang lain, juga terhindar dari aquaplaning,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.