Layanan Satpas dan SIM Keliling Tetap Beroperasi, tetapi Terbatas

Kompas.com - 05/07/2021, 07:22 WIB
Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota. KOMPAS.COM/Dok. Kombes Pol Leonardus SimarmataKapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali sejak 3-20 Juli 2021. Hal ini dilakukan guna menekan penyebaran virus Covid-19.

Dengan diberlakukannya PPKM darurat, tentu segala aktivitas dan pelayanan masyarakat akan dibatasi, termasuk pelayanan SIM baik itu di Satpas maupun SIM keliling.

Kasi Standardisasi Pengemudi Subdit SIM Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman mengatakan, pelayanan SIM tidak ada perubahan jadwal operasional, tetap melayani sejak pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Namun, jumlah kapasitas layanan di kantor Satpas dan SIM keliling dibatasi selama PPKM darurat sesuai domisili.

Baca juga: Jaringan Diler Suzuki Yogyakarta Tutup Semua Layanan

“Untuk layanan yang berada di kawasan Zona Merah, maksimal hanya boleh 25 persen pemohon dari kapasitas normal. Sementara untuk di luar kawasan Zona Merah, maksimal 50 persen dari kapasitas normal,” ucap Arief, Minggu (4/7/2021).

Arief melanjutkan, selama PPKM darurat, penerapan protokol kesehatan juga akan semakin diperketat, baik itu bagi pemohon SIM maupun personel di Satpas atau SIM keliling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mobil layanan SIM keliling di Serang, BantenRedaksi 86 Mobil layanan SIM keliling di Serang, Banten

Dengan adanya pembatasan kuota pemohon tersebut, Arief menambahkan, para pemohon tak perlu khawatir apabila masa berlaku SIM-nya akan segera habis. Sebab, selama pemberlakuan PPKM darurat, pihaknya akan memberikan dispensasi bagi masyarakat yang waktu jatuh tempo SIM-nya habis saat masa PPKM darurat.

Baca juga: Di Rumah Saja, Lumasi Rantai Gir Motor Biar Tidak Mudah Berkarat

Sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 14 tentang PPKM, pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 28 Juni hingga 5 Juli bisa memperpanjang setelah PPKM selesai.

“Nah, dengan adanya keputusan baru PPKM darurat, kemungkinan dispensasi itu akan kami perpanjang sampai 20 Juli 2021 atau sampai PPKM darurat selesai,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.