Belum Lancar Mengemudi Mobil Manual, Honda Brio Jalan Tersendat-sendat

Kompas.com - 05/07/2021, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merupakan hal yang gampang-gampang susah saat melakukan pemindahan transmisi atau gigi pada mobil manual. Terkecuali bagi mereka yang sudah terbiasa dengan mobil manual, tentunya hal tersebut tidak akan menjadi masalah bahkan sudah diluar kepala.

Jangan sampai seperti video yang diunggah oleh akun instagram @streetmannersindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat pengemudi mobil hitam itu belum mahir mengoperasikan mobil transmisi manual. Alhasil, mobil berjalan tersendat-sendat alias ndut-ndutan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, pengemudi pemula yang sedang belajar mengemudikan mobil manual perlu memerhatikan model perpindahan giginya. Ini karena model transmisi antar mobil belum tentu sama.

Baca juga: Jaringan Diler Suzuki Yogyakarta Tutup Semua Layanan

“Kenali dulu model pemindahan gigi, terkadang transmisi mobil manual yang satu dengan yang lainnya berbeda. Ini untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara,” ucap Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Selain itu, Suparna juga mengingatkan para pemula untuk memahami momen dalam menginjak dan melepas pedal kopling.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

“Terlalu cepat melepas pedal kopling saat posisi perseneling tidak netral tentu akan membuat mobil loncat dan mesin mati. Namun, jangan melepas pedal kopling terlalu pelan juga, karena ini bisa menyebabkan kampas kopling cepat aus,” ujar Suparna.

Baca juga: Di Rumah Saja, Lumasi Rantai Gir Motor Biar Tidak Mudah Berkarat

Selanjutnya, perpindahan transmisi jangan dilakukan terburu-buru. Sebab, berisiko merusak komponen pada sistem transmisi ketika gigi transmisi belum terkunci namun perseneling sudah keburu dipindahkan.

“Umumnya jika melakukan hal seperti itu, akan timbul suara ‘krak’ oada sistem transmisi,” ucapnya.

Terakhir, Suparna mengingatkan, jangan mengistirahatkan kaki kiri di atas pedal kopling.

“Kebiasaan tersebut akan membuat pedal kopling tertekan. Meski sedikit, bisa berpotensi mempercepat ausnya kampas kopling,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.