Cegah Corona di Udara, Bersihkan Motor Sebelum dan Sesudah Dipakai

Kompas.com - 13/07/2020, 07:12 WIB
Sejumlah warga dan pengendara motor memadati kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (18/05) ANTARA FOTO/Arif FirmansyahSejumlah warga dan pengendara motor memadati kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (18/05)
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Penyebaran virus Corona semakin mengkhawatirkan. Apalagi WHO menyatakan bahwa Covid-19 itu bisa menyebar dan menular melalui udara.

Untuk itu, kewaspadaan sebagai upaya untuk mencegah penyebarannya pun harus semakin ditingkatkan agar tidak terinfeksi virus tersebut.

Bagi yang masih beraktivitas di luar ruang karena tuntutan pekerjaan sebaiknya juga tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Termasuk saat mengendarai sepeda motor ketika bekerja atau melakukan perjalanan. Untuk mencegah adanya virus Corona yang menempel pada bagian kendaraan roda dua, melakukan pembersihan wajib dilakukan.

Baca juga: Motor Bebek 2 Tak Bekas yang Harganya Semakin Mahal

Sebaiknya, saat kendaraan akan digunakan atau pun setelah digunakan untuk beraktivitas. Salah satu dokter di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta dokter Arina Hidayati mengatakan, sepeda motor sebaiknya sesering mungkin dibersihkan.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Terutama untuk bagian-bagian yang sering dipegang atau bersentuhan langsung dengan anggota badan salah satunya dengan telapak tangan.

“Sering-sering bersihkan motor, kalau perlu bagian motor yang sering kita pegang seperti jok, setang atau kemudi disemprot menggunakan disinfektan sebelum dikendarai,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Arina menambahkan, saat membersihkan bagian motor sebaiknya juga menggunakan disinfektan yang aman. Namun tidak menimbulkan efek buruk pada bagian sepeda motor.

Baca juga: Ini Motor Sport Bekas 4 Tak yang Masih Dicari Konsumen

“Jadi virus ini bisa inaktif dengan penggunaan alkohol, klorin, ataupun pelarut lemak seperti detergen,sabun dan lain-lain. Gunakan bahan yang aman, jangan sampai bahan yang digunakan justru akan membuat besi berkarat,” ujarnya.

Aktivitas ini, lanjut Arina sebaiknya dilakukan sebelum maupun setelah kendaraan digunakan. Sehingga, kebersihan bagian kendaraan tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran Covid-19.

Ilustrasi cairan disinfektanShutterstock Ilustrasi cairan disinfektan

Selain menjaga kebersihan motor, Arina juga mengatakan, menjaga kebersihan diri maupun pakaian yang digunakan saat berkendara juga penting dilakukan.

Baca juga: Harga Motor Sport 2 Tak Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

“Sering-sering mencuci tangan setelah memegang benda-benda di sekitar. Setelah sampai rumah, jangan pegang benda apapun, jangan bersandar langsung ganti baju, cuci tangan, kaki dan muka kalau perlu mandi,” ujarnya.

Sedangkan untuk pakaian yang baru saja dipakai, Arina menyarankan, agar baju tersebut langsung dicuci.

“Jangan menggantung baju yang telah dipakai, lebih baik langsung dicuci,” kata Arina.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X