Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Motor Sport 2 Tak Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 12/07/2020, 10:42 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pabrikan kendaraan roda dua di Indonesia memang sudah tidak lagi memproduksi sepeda motor jenis sport dengan mesin 2 tak.

Meski begitu, bukan berarti keberadaan motor dengan mesin dua langkah ini begitu saja dilupakan oleh para pencinta kuda besi.

Sebaliknya, lantaran sudah tidak ada produk barunya membuat model lawas semakin banyak diburu dan harganya kadang juga tidak masuk akal.

Untuk jenis motor sport, setidaknya ada dua tipe yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya dan diminati, yakni Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja 1150 R dan 150 RR.

Baca juga: Harga Motor Sport 150 cc Bekas, Yamaha R15 Hanya Rp 13 Jutaan

Kedua jenis motor sport yang masih mengadopsi sistem pengabut karburator ini bahkan dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah.

Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja 150 adalah dua motor stop produksi yang kini banyak dicari.Kompas.com/Alsadad Rudi Yamaha RX King dan Kawasaki Ninja 150 adalah dua motor stop produksi yang kini banyak dicari.

Tentunya harga tersebut bukan semata-mata karena banyak yang mencarinya, tetapi ada keistimewaan tersendiri sehingga harganya bisa sangat fantastis.

Seperti halnya RX King yang sempat menembus di angka Rp 200 juta. Padahal, di pasaran motor bekas harga motor yang berjuluk “motor jambret” tersebut berkisar antara Rp 10 juta sampai puluhan juta rupiah saja.

Pemilik diler mokas Setia Kasih Motor Tri Sekam mengatakan, motor sport 2 tak yang masih banyak peminatnya di antaranya Ninja 150 R, 150 RR dan RX King.

Baca juga: Harga Motor Sport 250 cc Bekas, CBR250RR Masih Paling Mahal

Bahkan untuk RX King, Tri mengatakan, tidak ada harga pasaran pastinya melainkan menyesuaikan dengan kondisi barangnya.

“Kalau harga pasarannya (di diler mokas) di angka Rp 10 juta. Tetapi, ada yang juga yang membuka harga sampai Rp 55 juta - Rp 60 juta, itu yang benar-benar orisinal,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Kawasaki Ninja RR Mono (kanan) VS Ninja 150 RR.Kawasaki Motor Indonesia via Facebook Kawasaki Ninja RR Mono (kanan) VS Ninja 150 RR.

Tri menambahkan, selain ditentukan oleh kondisi motor harga RX King juga berdasarkan kesepakatan antara pemilik atau penjual dengan calon pembelinya.

“Jadi memang motor ini hampir tidak ada pasarannya, tergantung yang jual dan pembeli saja. Selain itu, kondisi motor juga mempengaruhi harganya,” ucapnya.

Sementara, untuk harganya Ninja R juga masih terbilang cukup tinggi. Untuk lansiran 2012 yang masih orisinal harganya bisa di atas Rp 18 juta.

Baca juga: 10 Motor Bekas Harga Rp 7 Jutaan, dari Nex II Hingga Satria FU

“Kalau yang Ninja RR atau full fairing saya menjualnya masih di atas Rp 20 juta. Bahkan ada yang tergolong antik itu pernah terjual sampai Rp 35 juta,” katanya.

Terpisah, pemilik diler mokas Nugroho Motor, Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, harga pasaran Ninja Rp tahun 2009 bisa sampai Rp 16,5 juta.

“Ninja 2010 RR bisa sampai Rp 17,5 juta, RR tahun 2013 harga pasarannya sampai Rp 23 juta,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com