Isi BBM Lebih Baik Malam Hari, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 27/03/2020, 17:12 WIB
Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPetugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) sudah menjadi hal wajib bagi para pemilik kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

Tetapi, selama ini ada anggapan bahwa pengisian BBM lebih baik dilakukan pada malam hari. Salah satu alasannya, saat mengisi pada siang hari akan terjadi penguapan pada BBM.

Imbasnya, jumlah BBM yang masuk ke dalam tangki bahan bakar juga akan berkurang atau tidak sesuai dengan takarannya.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, kemungkinan penguapan atau pemuaian saat membeli BBM pada siang hari memang mungkin terjadi.

Baca juga: Ban Motor Masih Kempis Setelah Ganti Tubeless, Coba Cek Ini!

Namun, persentase penguapan sangat kecil sekali hampir tidak akan dirasakan oleh pembeli saat mengisi bahan bakar.

“Menurut saya mungkin saja terjadi penguapan, tetapi sangat sedikit sekali atau tidak signifikan,” katanya kepada Kompas.com Jumat (27/3/2020).

Dengan kondisi tropis suhu antara 30 sampai 34 derajat, bisa membuat menguap. Tetapi, penguapan yang terjadi tidaklah banyak.

Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas Mengisi bahan bakar di kios Pertamina di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, Kamis (15/6/2017). Kios Pertamina ini menyediakan BBM kaleng Pertamax, Pertamina Dex, dan Dexlite.

“Jadi hidup tidak perlu dibikin susah, kalau habisnya siang hari masa harus menunggu malam hari hanya untuk isi BBM,” ucapnya.

Terpisah, Officer Communication and Relation Pertamina MOR IV Jateng DIY, Arya Yusa Dwicandra mengungkapkan, bahwa penguapan bahan bakar mungkin saja terjadi saat mengisi BBM pada siang hari.

Tetapi, dirinya tidak bisa menyebutkan secara pasti besaran persentase penguapan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X