Ban Motor Masih Kempis Setelah Ganti Tubeless, Coba Cek Ini!

Kompas.com - 27/03/2020, 10:22 WIB
Ban motor khusus balap MiniGP Ban motor khusus balap MiniGP
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Memodifikasi sepeda motor tidak hanya pada bagian bodi atau rangka saja, tetapi juga pada bagian kaki-kaki.

Dengan menyesuaikan konsep modifikasi, pastinya bagian kaki-kaki juga harus diubah agar lebih sedap dipandang.

Banyak yang kemudian mengubah tipe ban yang digunakan untuk mendapatkan tampilan yang lebih gagah. Salah satunya dengan mengganti ban yang biasa (bias) dengan jenis ban tubeless.

Akan tetapi, setelah dilakukan penggantian muncul permasalahan yakni tekanan udara pada ban sering berkurang.

Meski berkurangnya udara di dalam karet pembungkus pelek tidak signifikan, tentunya ini cukup mengganggu.

Pasalnya, dengan berkurangnya tekanan udara otomatis kondisi ban juga tidak sesuai dengan yang direkomendasikan.

Baca juga: Ban Mobil Tiba-Tiba Pecah, Jangan Injak Pedal Rem

 

Salah satu jenis valve tubeless yang sering digunakan untuk sepeda motoristimewa Salah satu jenis valve tubeless yang sering digunakan untuk sepeda motor

Efeknya juga akan mengurangi kenyamanan saat dikendarai terlebih saat digunakan untuk menikung.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal menjelaskan, saat ban biasa diganti dengan ban tubeless, otomatis dop atau valve juga harus diganti.

Terkadang, kondisi karet pada valve tubeless juga sudah tidak bagus sehingga udara bisa keluar dari bagian tersebut.

“Ada dua jenis valve tubeless yang satu fix tidak bisa dilepas-lepas dan yang satu bisa dilepas. Kalau udara bisa berkurang itu bisa saja dari bagian karetnya yang sudah getas atau ada yang sobek,” katanya kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: 4 Penyebab Keausan Ban Mobil Tidak Merata

Selain itu, Zulpata menambahkan, ada kemungkinan juga pada bagian lain seperti pentil tubeless atau bagian tutupnya yang bermasalah.

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

“Sebaiknya dilakukan pengecekan secara keseluruhan, mulai dari valve, tutup pentil dan bagian pentilnya atau corenya,” ucapnya.

Jika semuanya dalam kondisi yang baik, seharusnya udara di dalam ban tidak akan berkurang sendiri dalam waktu yang cepat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X