Bukti Toyota Prius PHEV Sebagai Kendaraan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 27/03/2020, 14:35 WIB
Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC) KOMPAS.comToyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal Maret 2020 lalu, redaksi Kompas.com mendapat tantangan dari pembaca untuk membuktikan berkendara irit bahan bakar.

Tidak tanggung-tanggung, pembaca meminta redaksi untuk menjelajah rute Jakarta- Yogyakarta dan kembali ke Jakarta hanya dengan satu kali pengisian bahan bakar.

Bila dihitung secara jarak, kurang lebih total perjalanan yang harus dilalui redaksi sekitar 1.200 km. Tentunya menggunakan fasilitas rute yang sudah ada, yakni Tol Trans Jawa.

Baca juga: Mungkinkah Jakarta-Yogyakarta Pulang Pergi Tanpa Isi Bensin?

Beruntung, pembaca yang memberikan tantangan di kolom komentar tak menyebutkan jenis mobil yang harus digunakan. Karena dengan begitu, redaksi bisa lebih leluas memilih mobil yang akan digunakan.

Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)KOMPAS.com Toyota Prius PHEV Kompas.com Otomotif Challenge (KOC)

Singkat cerita, dibandingkan harus memilih mobil dengan kapasitas tangki bahan bakar besar, redaksi memutuskan untuk menjajal teknologi eletrifikasi yang ditawarkan Toyota melalui Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle ( PHEV). Lagi pula pengujian dilakukan normal, dengan batas kecepatan sesuai regulasi di tol dan tetap menyalakan pendigin udara selama perjalanan.

Melihat dari data spesifikasinya, Prius PHEV generasi kedua ini hanya memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 43 liter. Artinya ketika kami isi penuh, jumlah tersebut tak boleh ditambah lagi hingga kami tiba di Jakarta.

Walau sedikit ragu, tapi dengan adanya bantuan teknologi baterai yang diusung Prius, akhirnya kekhawatiran tersebut bisa ditepis.

Seperti diketahui, Prius PHEV mampu berjalan kurang lebih 68 kilometer (km) tanpa menggunakan bensin dan hanya mengandalkan daya listrik dari baterai.

Baca juga: Tantangan Jakarta-Yogyakarta PP Pakai Toyota Prius PHEV, Hanya Sekali Isi BBM

Momen tersebut tentunya sangat menguntungkan, karena bisa menghemat penggunaan bahan bakar selama perjalanan.

Namun ada kompensasinya, karena harus sedikit lebih lama menempuh perjalan lantaran harus mampir ke rest area untuk menambah daya baterai.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X