Jangan Panaskan Motor di Dalam Ruangan

Kompas.com - 27/03/2020, 15:01 WIB
motor di dalam rumah Kompas.com/Fathan Radityasanimotor di dalam rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Situasi agar tetap di rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona, menyebabkan motor jadi diam di rumah tidak terpakai. Untuk menjaga kondisi motor, harus dipanaskan walaupun tidak digunakan.

Biasanya motor yang tidak digunakan, diparkir di dalam rumah. Ketika mau memanaskan mesin motor, sebisa mungkin jangan dilakukan di dalam ruangan, karena bisa berbahaya.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, ada gas karbonmonoksida yang keluar dari knalpot, sebaiknya memanaskan motor dilakukan di luar ruangan.

Baca juga: Datsun Hengkang dari Indonesia, Begini Tanggapan Konsumennya

panaskan motorKompas.com/Fathan Radityasani panaskan motor

“Kalau kita panaskan motor dalam ruangan apa lagi tertutup, gas karbonmonoksida dari knalpot akan berputar-putar di dalam ruangan. Jika terhirup bisa keracunan,” kata Endro kepada Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Endro juga menyarankan untuk panaskan motor di ruang yang terbuka dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Setidaknya bisa pindahkan motor ke luar ruangan terlebih dahulu sebelum memanaskan mesinnya.

Baca juga: Yamaha RX-King Bonsai, Kesan Sangar Luntur Seketika

Perlu diingat, memanaskan mesin motor tidak perlu berlama-lama. Karena tujuannya agar sirkulasi oli dan pengisian baterainya lancar walaupun motor tidak digunakan.

“Idealnya sampai suhu kerja mesin, kurang lebih tiga sampai empat menit cukup,” ucap Endro.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X