[POPULER OTOMOTIF] Polisi Sedang Siapkan Alat untuk Hancurkan Mobil Rongsok | Pesaing Honda HR-V Siap Meluncur

Kompas.com - 16/01/2020, 06:02 WIB
Proses penghancuran mobil dan motor mewah di Filipina oleh Presiden Duterte Thedrive.comProses penghancuran mobil dan motor mewah di Filipina oleh Presiden Duterte

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sedang menyiapkan alat untuk menghancurkan kendaraan rongsok. Apabila tidak melakukan pengesahan STNK dua tahun berturut-turut sejak masa berlaku lima tahunan habis, maka akan dikenakan sanksi itu.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menariknya lagi, yakni soal pesaing Honda HR-V dari Korea Selatan, Kia Celtos akan meluncur awal pekan depan di Indonesia.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopler di kanal otomotif pada Rabu 15 Januari 2020:

Baca juga: Generasi Baru All New Honda BeAT Resmi Meluncur

1. Identitas STNK yang Diblokir atau Dihapus Tidak Bisa Diaktifkan Lagi

Letak Pajak Progresif di STNKKOMPAS.com / Aditya Maulana Letak Pajak Progresif di STNK

Pemilik kendaraan yang tidak melakukan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK) selama dua tahun berturut-turut sejak masa berlaku habis (per lima tahunan), maka akan diblokir atau langsung dihapus secara otomatis.

Baca juga: Harga Honda BeAT 2020 Mulai Rp 16 Jutaan

Pemblokiran atau penghapusan identitas dan registrasi data kendaraan ini, sebagaimana tertuang di Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 74, tidak bisa dipulihkan atau kembali melakukan daftar ulang. Artinya, kendaraan tersebut menjadi bodong atau ilegal.

"Benar, sesuai dengan regulasi berlaku untuk kendaraan bermotor yang dihapus identitas dan registrasinya tidak bisa diregistrasi ulang lagi (pemutihan). Kendaraan menjadi bodong," ucap Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra saat dihubungi KOMPAS.com, di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Identitas STNK yang Diblokir atau Dihapus Tidak Bisa Diaktifkan Lagi

2. Polisi Sedang Siapkan Alat untuk Menghancurkan Kendaraan yang Diblokir

Rongsokan Mercy jadi bahan lomba evakuasi Jasa MargaStanly/KompasOtomotif Rongsokan Mercy jadi bahan lomba evakuasi Jasa Marga

Dalam beberapa waktu ke depan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menghadirkan alat berat dengan fungsi sebagai penghancur dan daur ulang untuk kendaraan yang sudah tidak layak pakai, atau status identitas pada surat tanda nomor kendaraan ( STNK) telah diblokir dan dihapus.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra menjelaskan, ini dilakukan guna mendukung aturan Undang-undang Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 terkait penghapusan identifikasi dan registrasi kendaraan bermotor.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X