Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Siklus Hidup Baterai Kendaraan Listrik

Kompas.com - 25/06/2024, 07:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Baterai merupakan sumber daya dari kendaraan listrik baik itu mobil atau sepeda motor. Sama seperti baterai pada "produk elektronik" lainnya maka baterai punya masa pakai atau umur.

Pabrikan kendaraan listrik biasanya memberikan kisaran kemampuan umur baterai. Kisaran umur tersebut biasanya menggunakan jangka waktu tahun.

Baca juga: Jangan Asal Bisa Nyetir, Pengemudi Harus Bisa Lakukan Hal Ini Saat Darurat

Contohnya untuk baterai motor listrik listrik diklaim mampu mencapai masa terbaiknya dalam waktu tiga tahun.

Baterai mobil listrik Toyota bZ4X. dok. Toyota Baterai mobil listrik Toyota bZ4X.

Namun, umur baterai sebetulnya bukan berdasarkan tahun melainkan pengecasan. Semakin sering baterai dicas, maka kemampuannya disebut berkurang. Kemampuan itu yang kemudian disebut life cycle.

Public Relations Manager Gotion Indonesia Bastoni Hutabarat, mengatakan, dalam memahami umur baterai mudahnya life cycle ialah siklus hidup baterai.

"Life cycle baterai ialah siklus penggunaan baterai yaitu nol sampai 100 persen dan sebaliknya," ujar Bastoni kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Komunitas GR Enthusiast Gelar Acara Nobar ISSOM 2024

Fasilitas pengisian daya Voltron Ultra Fast Charging DC 100 kW ini berlokasi di Area GF ? P1 Lot B23 mal Living World Alam Sutera.Dok. Voltron Fasilitas pengisian daya Voltron Ultra Fast Charging DC 100 kW ini berlokasi di Area GF ? P1 Lot B23 mal Living World Alam Sutera.

"Umumnya baterai punya beberapa penghitungan siklus, tapi yang penting ialah, life cycle baterai ialah untuk menghitung performa baterai bisa stabil dan digunakan baik untuk mobil atau motor," ujar Bastoni.

Hermawan Wijaya, Direktur Marketing PT International Chemical Industry (ABC Lithium) mengatakan, produsen baterai memberikan acuan jangka waktu tahun agar lebih mudah dipahami.

"Kalau untuk orang awam pendekatan paling mudah itu pakai tahun, sebab kita hidup hitungannya hari," ujar Hermawan yang ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Pengemudi Punya Peran Penting dalam Menjaga Keselamatan di Jalan

Modus pencurian baterai motor listrik mulai marak, sel baterai dibongkar dan dijual eceranKompas.com/Daafa Alhaqqy Modus pencurian baterai motor listrik mulai marak, sel baterai dibongkar dan dijual eceran

Hermawan mengatakan, teori cycle life baterai memang benar tapi bukan yang paling benar, sebab hanya bisa dibuktikan di laboratorium dan tidak bisa dibuktikan di lapangan.

"Misal (baterai) NCM cycle life-nya 1.000 kali kemudian LFP 2.000, bagaimana membuktikannya? di laboratorium," kata Hermawan.

"Bagaimana caranya dicas 100 persen sampai dia sisanya 80 persen. Jadi kehilangan 20 persen itu artinya 1.000 kali untuk NCM sedangkan untuk LFP 2.000 kali. Jadi itu dihitung itu dipakai berapa kali dipakai jadi 80 persen. Tapi ini contoh ya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com