Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Punya Peran Penting dalam Menjaga Keselamatan di Jalan

Kompas.com - 24/06/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan melibatkan Mitsubishi Pajero Sport dan truk di Tol Semarang-Batang, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (22/6/2024), pukul 07.45 WIB.

Sport utility vehicle (SUV) dari arah Jakarta menuju Semarang ini menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang berhenti di bahu jalan hingga bodinya terbelah. Kecelakaan mengakibatkan 4 orang tewas dan 2 orang luka ringan.

Padahal, Pajero Sport generasi ketiga ini termasuk SUV dengan ragam fitur keselamatan seperti SRS airbags, pretensioner safety belt dan sejenisnya.

Baca juga: 5 Fakta Kecelakaan Pajero Vs Truk di Tol Semarang-Batang yang Menewaskan 4 Orang


Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan fitur keselamatan pada mobil bukan berarti mutlak dapat menjamin keselamatan penumpang.

“Jangan hanya mengandalkan airbag, safety belt dan fitur-fitur safety lainnya, karena belum tentu dapat menyelamatkan, tapi hanya mengurangi risiko cedera bagi penggunanya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (24/6/2024).

Sony mengatakan yang bisa menyelamatkan penumpang adalah pengemudi selaku pengendara. Maka dari itu pentingnya berperilaku defensif saat mengemudi.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Pajero Sport, Ini Pentingnya RUP Bumper Belakang Truk

Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023). Dok. PJR Tol Cipularang via Tribun Jabar Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023).

“Perhatikan durasi berkendara, jangan paksakan berkendara dengan tidak mengatur waktu istirahat, terlebih lagi perjalanan jarak jauh,” ucap Sony.

Sony mengatakan pengemudi juga wajib mentaati peraturan seperti menggunakan lajur yang benar, menjaga kecepatan aman di tol dan sejenisnya.

“Begitu juga bagi kendaraan yang berhenti di bahu jalan dalam kondisi darurat, wajib memasang segitiga pengaman dan menyalakan lampu hazard,” ucap Sony.

Baca juga: Belajar dari Pajero yang Terbelah karena Tabrak Truk di Tol Semarang

Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar KuninganDok. Polres Metro Jakarta Selatan Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningan

Risiko bahaya yang kompleks di jalan, menurut Sony tidak akan tertangani dengan baik dan sempurna hanya dengan mengandalkan fitur keselamatan meski bisa dikatakan mobil modern sarat fitur canggih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau