Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terlewat, Ini Komponen Wajib Mobil Hybrid yang Harus Dicek

Kompas.com - 28/06/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil ramah lingkungan dengan teknologi hibrida alias Hybrid Electric Vehicle (HEV) kini mulai populer di pasar nasional. Penjualannya bahkan saat ini terus mengalami peningkatan signifikan.

Seiring dengan hal tersebut, penting untuk pemilik atau calon pemilik mobil jenis hybrid untuk mengetahui beberapa komponen penting yang perlu dicek supaya kendaraan tetap optimal dalam bermobilitas.

Marketing Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara menyampaikan, secara umum komponen yang diperhatikan sebenarnya tidak jauh berbeda dibanding kendaraan konvensional.

Baca juga: Viral Biaya Servis Lamborghini, Ganti Kampas Rem Tembus Rp 85 Juta

Innova Zenix V BensinKOMPAS.com/Adityo Wisnu Innova Zenix V Bensin

Mobil hybrid mengadopsi teknologi canggih sehingga bisa diandalkan sebagai teman mobilitas sehari-hari. Tapi pemilik harus tetap memperhatikan kondisinya dengan melakukan perawatan berkala," ujar dia, Jumat (26/6/2024).

Adapun komponen pertama yang kerap perlu dicek adalah kaki-kaki, termasuk ban. Sebab, bagian tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan pengguna.

"Shock absorber tidak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Pastikan pula kemudi tetap dapat bekerja dengan baik tanpa kendala," kata Tara.

"Lalu pastikan tekanan ban sesuai arahan pabrikan dan cek tanda keausannya. Bersihkan alur ban dari kerikil dan pastikan tidak ada yang sobek maupun benjol," tambah dia.

Area kolong lain yang wajib dicek adalah motor listrik karena komponen tersebut akan meneruskan tenaga terus-menurus. Artinya, memiliki kinerja yang berat, apalagi kalau mobil melewati jalan banjir atau rusak.

Baca juga: Perawatan Baterai Sulit, Mobil Listrik Bekas Sulit Terjual

Toyota Kijang Innova Zenix HybridDok. TAM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Bagian keempat adalah baterai hybrid itu sendiri. Kendati punya pelindung yang kuat, lokasi baterai di bawah dek penumpang cukup rawan masalah seperti terkena benturan, panas, dan air.

"Cek baterai dan rumahnya, termasuk kisi-kisi pendingin seperti milik All New Kijang Innova Zenix HEV yang berada di bawah jok penumpang depan. Jangan sampai lubang udara tersebut tertutup karena akan membuat baterai overheat," kata Tara.

Bagi mobil yang jarang digunakan, jangan hanya rutin memanaskan mobil tapi juga menjalankannya, supaya perfroma baterai tetap terjaga.

Komponen lainnya adalah rem mobil, oli mesin, radiator coolant, kabin mobil, AC mobil, serta cairan kendaraan lainnya seperti minyak kopling, air pembersih kaca, oli transmisi, dan cairan power steering hidrolis bagi mobil non-EPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com