Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Jaga Kilau Cat Mobil Baru Agar Tak Mudah Kusam

Kompas.com - 28/06/2024, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sekadar mesin dan komponen, salah satu bentuk perawatan mobil adalah menjaga bagian cat pada bodi. Tujuannya selain membuat tampilan tetap optimal juga menjaga nilai dari kendaraan tersebut.

Apalagi bagi pemilik mobil baru. Dengan kondisi cat bodi yang masih baik, tentu perlu perawatan bahkan perlindungan ekstra karena seiringnya waktu pasti kualitas kelir bisa mengalami penurunan.

Bicara soal perlindungan dan perawatan cat mobil, sebenarnya ada banyak cara. Salah satunya seperti melakukan coating atau laminanting bodi.

Sugiarto Ongko, CEO Scuto Group mengatakan, cara kerja coating menjadi lapisan tambahan yang bisa memproteksi bagian cat dari oksidasi. Karena bila sudah terjadi kerusakan pada cat, seperti warna yang pudar atau kusam, maka biaya pengecatan ulang yang harus ditanggung pemilik akan lebih mahal

Baca juga: Video Viral, Sewa McLaren 720S di Bali Rp 100 Juta per Hari

"Manfaat coating membuat bodi mobil menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan berbagai serangan jamur akibat adanya water repellent effect. Istilah ini berkaitan dengan efek daun talas pada permukaan mobil, sehingga air dan berbagai kotoran tidak akan mudah menempel," ucap Sugiarto dalam keterangannya, Jumat (28/6/2024).

Ilustrasi perawatan  cat pada bodi mobilScuto Ilustrasi perawatan cat pada bodi mobil

Lebih lanjut dijelaskan, bagi pemilik mobil yang ingin memberikan perlindungan ekstra, bisa menggunakan Scuto Pride yang memiliki konsep car care laminating mengadopsi produk pelindung cat berbahan dasar cairan nano ceramic.

Secara keunggulan, perawatan bodi mobil ini memiliki lapisan perlindungan khusus terhadap cuaca ekstrem dan sinar UV.

Cat pada bodi mobil tidak memudar dan tetap berkilap dengan efek layaknya daun talas ketika kendaraan dalam kondisi basah.

Baca juga: Air Hujan Jadi Musuh Utama Cat Mobil

"Cara kerja Scuto dikemas dengan teknologi nano yang mampu menutup pori-pori cat dan menyatu dengan lapisan cat sehingga memproteksi lapisan cat dari jamur atau pun kotoran yang masuk ke dalam pori-pori tersebut," katanya.

Kijang Innova Zenix ScutoScuto Kijang Innova Zenix Scuto

Selama periode Juli sampai September ini, pemilik mobil baru lansiran 2023 dan 2024, bisa memanfaatkan Scuto Pride dengan keuntungan mendapatkan masa jaminan perawatan 5 tahun dari sebelumnya 2 tahun, serta ragam keuntungan lain.

Untuk harganya, tergantung dari paket dan kategori mobil. Untuk Signature termurah mulai Rp 9,5 juta dan yang Premium dari harga Rp 5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com