Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Beli Mobil Listrik Bekas? Ini Tantangannya

Kompas.com - 27/06/2024, 17:41 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik tengah digencarkan sebagai solusi transportasi ramah lingkungan di Indonesia. Pemerintah dan berbagai pihak mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon dan polusi udara.

Selain itu, mobil listrik menawarkan biaya operasional yang lebih rendah dan teknologi yang semakin canggih.

Namun, dengan maraknya produk mobil listrik baru, muncul pertanyaan mengenai pembelian mobil listrik dalam kondisi bekas. Apakah ini merupakan pilihan yang bijak?

Baca juga: Begini Cara Isi Air Radiator Saat Mobil Mengalami Overheat

Agus, pemilik kios mobil bekas Auto Haus di Jakarta Pusat, menyebutkan salah satu tantangan dalam membeli mobil listrik bekas.

"Beli mobil listrik bekas, pastinya cek kesehatan baterai, motor listrik, itu yang paling penting," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Interior Wuling Air EV Long Range 2022.Ilham Karim/Kompas.com Interior Wuling Air EV Long Range 2022.

Menurutnya, baterai adalah komponen utama yang menentukan performa dan usia mobil listrik. Kondisi baterai yang baik sangat krusial karena biaya penggantian baterai bisa sangat mahal.

"Namun kendalanya, alat untuk mengecek baterai itu terbatas, bahkan mungkin hanya dimiliki oleh diler resminya," lanjut Agus.

Agus menjelaskan, bahwa tidak semua bengkel atau kios mobil bekas memiliki peralatan khusus untuk memeriksa kesehatan baterai dan dinamo pada mobil listrik. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi calon pembeli mobil listrik bekas.

Baca juga: Toyota Fortuner Versi Sangar Bertajuk Konsep Hyper-F

Selain itu, Agus menyarankan untuk memperhatikan riwayat penggunaan kendaraan.

"Pastikan mobil tersebut tidak sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh atau pengisian daya yang tidak sesuai standar, karena itu bisa mempengaruhi umur baterai," tambahnya.

Membeli mobil listrik bekas bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis dibandingkan membeli mobil baru. Namun, calon pembeli harus lebih berhati-hati dan teliti dalam memeriksa kondisi kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com