Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Freed Terbaru Meluncur, Harga mulai Rp 250 Jutaan

Kompas.com - 28/06/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda baru saja meluncurkan Freed generasi ketiga di Jepang. Multi purpose vehicle (MPV) anyar asal negeri Matahari Terbit ini hadir dengan gaya yang lebih modern dan ukuran yang lebih besar, terinspirasi dari Step WGN.

Dikutip dari laman Honda Japan, Jumat (28/6/2024), All New Freed memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.695-1.720 mm

Freed generasi baru hadir dalam dua pilihan yakni Standar Air dan Crosstar. Secara tampilan keduanya nyaris serupa, hanya saja untuk varian Crosstar dibekali desain yang lebih tangguh dan sporty.

Baca juga: Pahami TWI dalam Perawatan Ban untuk Keselamatan Berkendara

Pada eksterior, Freed generasi baru hadir dengan tampilan yang lebih minimalis. Perbedaan paling ketara antara varian Standar Air dan Crosstar ada di bagian depan, di mana Standar Air lebih sederhana dengan garis horisontal, sementara varian Cross lebih gagah dengan gril kotak aksen aluminium.

Tak hanya itu, bagian bumper versi Crosstar dibuat lebih tebal, sementara untuk Air lebih simpel dengan warna yang senada dengan bodi mobil.

Bagian samping juga cukup berbeda. Freed Crosstar memiliki overfender berwarna hitam sehingga tampilannya lebih gagah. Desain pelek juga terlihat lebih kompleks jika dibandingkan versi Air yang hadir tanpa overfender.

Honda Freed generasi terbaruDoc Carscoops Honda Freed generasi terbaru

Masuk ke kabin, Freed terbaru dibekali konfigurasi enam penumpang, termasuk baris ketiga yang dapat dilipat ke atas. Freed Crosstar juga tersedia dalam konfigurasi dua baris lima tempat duduk yang memprioritaskan ruang bagasi. Kedua model ini dilengkapi dengan jok kursi anti noda dan anti gores.

Sama seperti generasi sebelumnya, Honda Freed anyar tersedia dalam versi bensin dan hibrida. Keduanya hadir dalam pilihan 2 wheel drive (2WD) dan 4 wheel drive (4WD).

Bicara soal jantung pacu, Honda Freed terbaru ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pertama ada mesin bensin L15D 1.5L naturally-aspirated (NA) inline-four yang menghasilkan tenaga 118 Ps (117 Hp) pada 6.600 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm.

Pilihan mesin lainnya adalah sistem dual motor e:HEV Honda dengan kapasitas 1.5L yang menghasilkan tenaga 106 Ps atau 105 Hp pada 6.000-6.400 rpm dan 127 Nm pada 4.500-5.000 rpm.

Honda Freed generasi terbaruDoc Carscoops Honda Freed generasi terbaru

Mesin tersebut berguna sebagai generator untuk baterai lithium-ion 48-Ah, yang selanjutnya akan menggerakan motor listrik, sehingga menghasilkan daya maksimal 123 Ps atau 121 Hp dan torsi 253 Nm.

Baca juga: Nissan Ariya dan Sakura Hadir di GIIAS 2024, Sinyal Bakal Meluncur

Menyoal harga, Honda Freed anyar dibanderol mulai 2.508.000 Yen atau sekitar Rp 255 juta untuk tipe Air, hingga 3.437.500 Yen atau Rp 349 juta untuk tipe paling mahal dari e:HEV Crosstar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com