Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Harapan Jaya Masukan 30 Sasis Bus Mercedes Benz ke Karoseri Laksana

Kompas.com - 28/06/2024, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar cuplikan video barisan sasis bus sedang terparkir pada sebuah lapangan di media sosial.

Setelah ditelusuri, pada cuplikan video yang diunggah oleh Instagram @voxy.1tr tersenyata sedang melakukan sesi penyerahan sasis bus milik PO Harapan Jaya ke garasi Karoseri Laksana.

Berdasarkan banner yang tertera pada cuplikan video, totalnya ada 30 unit sasis yang diserahkan oleh PO asala Tulungagung, Jawa Timur itu. 

Baca juga: Intip Harga Wuling Air EV Long Range Bekas Tahun 2022

Adapun seluruh sasis tersebut merupakan merek Mercedes-benz 1626L E4 MT. Hanya saja tidak disebutkan nantinya akan mengunakan balutan bodi model apa. Kemudian masih dirahasiakan target pengerjaan bus tersebut rampung kapan.

Sebab, proses pembuatan bodi bus secara untuh tidaklah sebentar kendati sasis telah masuk garasi karoseri. Hal itu lantaran harus antre dengan sejumlah PO lainnya yang sedang membuat bus juga. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VOXY (@voxy.1tr)

Baca juga: Review Lengkap BMW i5, Bahas Desain hingga Biaya Kepemilikan

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, lamanya pembuatan bodi bus besar sekitar 45 hari kerja. Namun waktu tersebut belum termasuk antrean di karoseri.

"Kalau standar, estimasinya 45 hari kerja. Kalau individual, bisa lebih lama karena mesti desain lagi," ucap Werry kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Laksana juga memiliki divisi individual, di mana customer bisa memesan seperti apa bus yang diinginkan. Lebih lama karena antara karoseri dan pemesan lebih sering bertemu untuk menentukan seperti apa spesifikasi yang diinginkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com