Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gencarkan Era Elektrifikasi, PLN Operasikan SPKLU di Singkawang

Kompas.com - 08/09/2022, 15:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong ekosistem kendaraan listrik (EV) di Tanai Air, PT PLN (Persero) gencarkan pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai fasilitas pendukungnya.

Setelah melakukannya di wilayah Pulau Jawa dan Bali, kini pembangunannya di Singkawang, Kalimantan Barat. Dalam tahap awal, fasilitas berkapasitas 60 kW dan pengembangannya akan dilakukan secara berkesinambungan.

"Hingga saat ini PLN sudah mengoperasikan lebih dari 142 unit SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia. Sementara SPKLU ini merupakan yang pertama di Kota Singkawan dan kedua di Kalimantan Barat," kata General Manager Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat, Ari Dartomo dalam keterangan resmi.

Baca juga: Benar atau Tidak, Pasang Spoiler Bikin Mobil Irit BBM?

Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e saat melakukan isi daya di SPKLU PLN.

Walikota Singkawang, Tjhai Cui Mie juga turut mengapresiasi langkah PLN ini dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan adanya infrastruktur kendaraan listrik yang masif, maka masyarakat semakin familiar dengan kendaraan listrik yang telah didukung oleh PLN dengan diresmikannya SPKLU pertama di Kota Singkawang.

“Kami sangat mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan kemudahan bagi pengguna dan pemilik kendaraan listrik. Keberadaan SPKLU di Kota Singkawang ini selaras dengan tujuan Pemerintah Kota Singkawang dalam mewujudkan kota yang modern dan green energy,” ungkap Tjhai Cui Mie.

Baca juga: Alasan Kenapa Bus Jarang Matikan Mesin Saat Isi BBM

Komunitas Electric Vehicle SingBeBas dan konvoi kendaraan listrik di kota Singkawang dalam peresmian SPKLU dari PLN di Singkawang, Kalimantandok.PLN Komunitas Electric Vehicle SingBeBas dan konvoi kendaraan listrik di kota Singkawang dalam peresmian SPKLU dari PLN di Singkawang, Kalimantan

Peresmian SPKLU ini juga ditandai dengan peresmian Komunitas Electric Vehicle SingBeBas dan konvoi kendaraan listrik di kota Singkawang, dilanjutkan dengan peresmian layanan kelistrikan di Gerai Mall Pelayanan Publik (MPP) di Grand Mall Singkawang.

Dengan adanya kerja sama dan pembukaan layanan kelistrikan dari PLN di Gerai Mall Pelayanan Publik di Grand Mall Singkawang, maka pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com