Kompas.com - 08/09/2022, 13:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kejahatan yang terjadi di jalan raya dengan modus berpura-pura memberi tahu ban kempis sudah sering terjadi. Meski begitu, masih saja banyak korban yang diperdaya.

Tak jarang dari korbannya yang kehilangan barang-barang berharga, bahkan hingga cedera atau luka fisik.

Seperti kejadian yang menimpa seorang pria di salah satu pertigaan daerah Cikeas, Jawa Barat. Video tersebut diunggah oleh akun @infodepok_id, menunjukan detik-detik pengemudi mobil menjadi korban modus pencurian ban kempis.

Sambil menunjuk ke arah bawah, salah satu komplotan pelaku pencurian memberitahu pengemudi seolah-olah ban mobil yang dikendarainya kempis.

Pelaku pencurian tersebut tidak hanya terdiri dari satu orang, tetapi ada beberapa pengendara motor lain yang juga memberitahukan hal yang sama.

Baca juga: PO Sugeng Rahayu Tambah Enam Bus Baru Buatan Karoseri Adiputro

Hal itu membuat pengemudi mobil terpengaruh dengan informasi yang diberikan pemotor tersebut, hingga akhirnya menepikan mobil untuk mengecek kondisi ban.

Ketika pengemudi lengah, saat itulah dimanfaatkan oleh pelaku melakukan pencurian barang yang ditaruh di kabin mobil korban.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kejahatan modus seperti ini merupakan pola lama yang terus berulang dan bukan sekali dua kali terjadi.

Bahkan menurut Jusri, di daerah tertentu seperti Puncak, yang jalannya menanjak sering ada kejadian menyiram piringan rem dengan cairan tertentu sehingga mobil mengeluarkan asap. Ketika pengemudi panik, momen itulah yang dimanfaatkan pelaku untuk melancarkan kejahatannya.

Menurutnya, agar kejadian tidak terus berulang, pengemudi jangan hanya memikirkan soal keselamatan dirinya dengan cara tertib berlalu lintas, empati, dan disiplin saat berada di jalan raya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.