Kompas.com - 08/09/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 N yang masih berseliweran dengan stiker kamuflase bakal punya tenaga sekitar 600 TK. Padahal untuk model yang dijual di Indonesia, tenaga Ioniq 5 berkisar 168 TK untuk Standard Range dan 215 TK untuk Long Range.

Bahkan, Albert Biermann Hyundai Executive dan mantan President & Head of Research & Development N performance division mengatakan, Ioniq 5 N akan lebih kencang dari i30 N, lini produk Hyundai N dengan Internal Combustion Engine (ICE) paling tinggi performanya saat ini.

"Ioniq 5 akan lebih kencang (dari i30 N), bagaimana tidak, dia punya tenaga sekitar 600 TK. Memang belum finalisasi tenaganya berapa, antara 580 TK, 600 TK, atau 620 TK," ucapnya dikutip dari Drive, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Viral, Cat Hyundai Ioniq 5 Terkelupas karena Lakban

Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

Tenaga tadi akan disalurkan ke empat roda alias All Wheel Drive (AWD). Selain itu, fitur drift mode juga akan disematkan, sehingga sebagian besar tenaga akan tersalurkan ke roda belakang.

Sebenarnya, Biermann mengatakan kalau kecepatan bukan hal yang menjadi masalah. Tapi untuk mobil performa, bukan cuma kecepatan yang penting, tapi suaranya dan rasa mengemudinya.

"Ini tentang tersenyum lebar, detak jantung. Jadi pertanyaan yang muncul, seberapa menyenangkan ini? seberapa besar senyum anda saat mengemudikannya," kata Biermann.

Baca juga: Berencana Beli Mobil Listrik, Cek Daftar Harganya per September 2022


Tantangan bagi tim Hyundai adalah membawa efek suara yang keluar layaknya pada mobil ICE berperforma tinggi. Tambahan suara di kabin tentu bisa memberi rasa senang dan adrenalin bagi pengemudi.

"Saat saya bergabung dengan Hyundai, kami membicarakan untuk mengurangi suara. Sekarang kami berdiskusi bagaimana menambah suara di mobil listrik untuk memberi pengemudi rasa menyenangkan saat menyetir," kata dia.

Kabarnya Ioniq 5 N bakal diluncurkan secara global di akhir tahun. Sedangkan penjualannya diperkirakan dimulai pada tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.