Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Hyundai Ioniq 5 N Tembus 600 HP

Kompas.com - 08/09/2022, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 N yang masih berseliweran dengan stiker kamuflase bakal punya tenaga sekitar 600 TK. Padahal untuk model yang dijual di Indonesia, tenaga Ioniq 5 berkisar 168 TK untuk Standard Range dan 215 TK untuk Long Range.

Bahkan, Albert Biermann Hyundai Executive dan mantan President & Head of Research & Development N performance division mengatakan, Ioniq 5 N akan lebih kencang dari i30 N, lini produk Hyundai N dengan Internal Combustion Engine (ICE) paling tinggi performanya saat ini.

"Ioniq 5 akan lebih kencang (dari i30 N), bagaimana tidak, dia punya tenaga sekitar 600 TK. Memang belum finalisasi tenaganya berapa, antara 580 TK, 600 TK, atau 620 TK," ucapnya dikutip dari Drive, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Viral, Cat Hyundai Ioniq 5 Terkelupas karena Lakban

Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 NDok. Autoexpress.co.uk Mobil listrik yang diyakini sebagai Hyundai Ioniq 5 N

Tenaga tadi akan disalurkan ke empat roda alias All Wheel Drive (AWD). Selain itu, fitur drift mode juga akan disematkan, sehingga sebagian besar tenaga akan tersalurkan ke roda belakang.

Sebenarnya, Biermann mengatakan kalau kecepatan bukan hal yang menjadi masalah. Tapi untuk mobil performa, bukan cuma kecepatan yang penting, tapi suaranya dan rasa mengemudinya.

"Ini tentang tersenyum lebar, detak jantung. Jadi pertanyaan yang muncul, seberapa menyenangkan ini? seberapa besar senyum anda saat mengemudikannya," kata Biermann.

Baca juga: Berencana Beli Mobil Listrik, Cek Daftar Harganya per September 2022


Tantangan bagi tim Hyundai adalah membawa efek suara yang keluar layaknya pada mobil ICE berperforma tinggi. Tambahan suara di kabin tentu bisa memberi rasa senang dan adrenalin bagi pengemudi.

"Saat saya bergabung dengan Hyundai, kami membicarakan untuk mengurangi suara. Sekarang kami berdiskusi bagaimana menambah suara di mobil listrik untuk memberi pengemudi rasa menyenangkan saat menyetir," kata dia.

Kabarnya Ioniq 5 N bakal diluncurkan secara global di akhir tahun. Sedangkan penjualannya diperkirakan dimulai pada tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com