Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Mobil Gagal Nanjak

Kompas.com - 30/08/2024, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Medan jalan dengan tanjakan ekstrem masih menjadi momok bagi pengemudi mobil. Pasalnya, tak sedikit kasus mobil gagal menanjak menyebabkan kecelakaan.

Selain dipengaruhi keterampilan pengemudi dalam mengoperasikan mobil, mesin yang kurang prima juga bisa memicu kegagalan dalam melibas tanjakan ekstrem.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, Sukoharjo mengatakan untuk bisa melibas tanjakan ekstrem, salah satu syaratnya mobil harus dalam kondisi prima.

Baca juga: Penyebab Umum Mobil Manual Gagal Menanjak Saat di Tanjakan


“Penting melakukan perawatan mobil secara berkala untuk memastikan mobil selalu prima, seperti memeriksa kondisi busi dan koil pengapian, jika sudah waktunya ganti busi sebaiknya tidak ditunda-tunda,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (29/8/2024).

Muchlis mengatakan, penggantian busi sebaiknya mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan, sesuai dengan buku pedoman servis atau menyesuaikan jenis businya.

“Untuk mobil yang sudah pakai busi iridium maka interval penggantiannya lebih panjang sampai 100.000 Km, tapi memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan busi biasa atau nikel yang hanya mampu bertahan sekitar 20.000 Km,” ucap Muchlis.

Baca juga: Jangan Salah, 2 Rambu Lalu Lintas Menanjak Ini Punya Arti Berbeda

Ilustrasi koil pengapian pada mesin ICEHyundai.com Ilustrasi koil pengapian pada mesin ICE

 

Muchlis mengatakan bila masa pakai busi dipaksakan melebihi batasnya, maka performa mobil bisa menurun, bahkan bisa mengalami gagal menanjak.

“Pada mesin bakar, khususnya bensin busi memiliki tugas sebagai pemicu terjadinya pembakaran, bila kemampuannya dalam memercikan bunga api sudah tidak optimal maka dampaknya pembakaran yang terjadi tidak optimal,” ucap Muchlis.

Selain busi, menurut Muchlis, koil pengapian juga bisa mempengaruhi bunga api yang dihasilkan. Sehingga, penting untuk memastikan komponen ini dalam kondisi prima.

Baca juga: Apakah Mobil Matik CVT Sulit Menanjak?

“Bila koil pengapian sudah rusak, maka tak akan mampu lagi menghasilkan dan menyalurkan listrik searah (DC) tegangan tinggi ke busi, akibatnya tenaga yang dihasilkan kurang, dan memicu mobil gagal menanjak,” ucap Muchlis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau