Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Adhi Putra, Pakai Bodi Legacy SR3 Mesin Depan

Kompas.com - 30/08/2024, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Adhi Putra asal Sulawesi kembali tambah bus baru. Rilisan kali ini memakai bodi buatan Karoseri Laksana yang paling terakhir, yakni Legacy SR3 FE atau front engine (mesin depan).

Secara tampilan, Legacy SR3 FE memang hampir mirip dengan versi yang mesin belakang. Bedanya di bagian bumper ada kisi-kisi udara dan gril, mengingat posisi mesinnya yang ada di depan.

Sasis yang dipakai PO Adhi Putra untuk bus kali ini adalah Mercedes Benz OF 1623 dengan suspensi udara. Secara spesifikasi memiliki tenaga 230 TK dan sudah disematkan air suspension, bukan lagi per daun.

Baca juga: Intip Kabin Medium Bus Baru PO Budiman, Pertahankan Jok Fabric

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Buat model yang dipilih Adhi Putra pakai kaca single atau single glass, jadi pandangan penumpang ke depan tidak terhalang bando.

Sedangkan dari samping, Legacy SR3 FE ini tampil tanpa ornamen seperti selendang. Cuma karena dipilih varian Ultimate Edition, ada lekukan di bagian bodinya, jadi tidak terlalu polos.

Pada bodi belakang, dibikin tanpa kisi-kisi, mengingat mesinnya yang ada di depan. Jadi bagian yang tadinya diisi mesin, sekarang dibuat bagasi yang lega, bisa muat barang lebih banyak.

Baca juga: Nissan Serena e-Power Unjuk Gigi di Surabaya


Beralih ke bagian kabin, kalau dari pintu depan bisa dilihat dek yang sangat tinggi. Sebenarnya itu adalah bagian mesin dan di atasnya dipasang busa jok, jadi bisa buat duduk kru selama bus berjalan.

Buat kabin penumpang, di bagian depan dipasang sekat, agar suara dan getaran dari mesin bisa diredam. Bangkunya disusun 2-2 dengan model bangku yang ada sandaran tangan dan kakinya.

Kalau bicara Ultimate Edition, kabin juga dibikin lebih mewah dari Legacy SR3 yang standar. Kisi-kisi AC atau louver model baru serta bagasi kabin yang di atas kepala pakai penutup, seperti yang ada di pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau