Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, 2 Rambu Lalu Lintas Menanjak Ini Punya Arti Berbeda

Kompas.com - 22/08/2024, 14:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Rambu lalu lintas merupakan bagian penting dalam sistem transportasi yang dirancang untuk mengarahkan dan menginformasikan pengemudi mengenai kondisi jalan.

Salah satu jenis rambu lalu lintas yang penting adalah tanda untuk jalan menanjak, karena memberikan peringatan kepada pengemudi tentang adanya perubahan dalam kondisi jalan.

Namun, rambu lalu lintas menanjak ada dua kategori, yaitu tanjakan landai dan tanjakan terjal. Seperti unggahan akun Instagram @ngotomotifchannel, yang memperlihatakn dua rambu lalu lintas menanjak.

Baca juga: Jari Bersandar di Tuas Rem, Picu Risiko Kecelakaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NGOTOMOTIF CHANNEL (@ngotomotifchannel)

 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, perbedaan pada rambu lalu lintas bisa dilihat dari warnanya.

“Warna rambu lalu lintas ada beberapa dan masing-masing berbeda-beda arti. Fungsi dari rambu-rambu tersebut adalah untuk memandu arah dan kondisi lingkungan dalam perjalanan supaya lebih selamat,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (22/8/2024).

Sony mengatakan, jika latar belakangnya berwarna kuning maka artinya peringatan adanya potensi bahaya, dan pengemudi diminta untuk berhati-hati atau mengurangi kecepatannya.

Baca juga: Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di DIY Segera Berakhir

Ilustrasi jalan menanjak.Mobilmo.com Ilustrasi jalan menanjak.

“Jenis bahayanya berbeda-beda, seperti tanah longsor, tikungan, jalan licin, dan lain-lain. Pada gambar tersebut, memiliki arti di depan ada tanjakan atau jalan menanjak, nah yang sering terjadi kan kendaraan-kendaraan gagal menanjak, terutama yang berbahaya itu kendaraan muatan berat,” kata Sony.

Sony juga mengatakan, jangan hanya asal ngegas untuk dapat momentum tapi pikirkan juga untuk stop dientry point jika di depannya kendaraan muatan. Boleh melakukan ancang-ancang gear rendah tetapi tetap terukur.

“Enggak tentu landai atau curamnya, yang penting ketika melihat rambu tersebut pengemudi paham dan mempersiapkan reaksi positif,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau