Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Nissan Leaf Lesu Dampak Serbuan Mobil Listrik China

Kompas.com - 28/06/2024, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum pasar otomotif Indonesia dibanjiri mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu, Nissan jadi salah satu pemain yang menjajakan dua produk elektrifikasinya, yakni Kick e-Power dan Leaf.

Sayangnya, saat ini popularitasnya turun ketika banyak produk China masuk ke Indonesia, khususnya untuk Leaf yang merupakan mobil listrik murni Nissan.

Caca Tobing, Nasional Sales Division Head PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan, penjualan Leaf saat ini sangat minim dibanding ketika awal-awal.

Baca juga: Nissan Serena e-Power C28 Siap Meluncur di GIIAS 2024

"Leaf itu sejak ada mobil-mobil (listrik) China, harus saya akui terdampak. Dulu itu kan cuma ada dua pemainnya, Hyundai dan kami, tapi sekarang banyak sekali," kata Caca, di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Deretan mobil listrik yang bisa dicoba di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024Kompas.com/Donny Deretan mobil listrik yang bisa dicoba di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024

Lebih lanjut Caca mengatakan, sebenarnya tak hanya Nissan Leaf yang terdampak kehadiran mobil listrik asal China, beberapa pemain lain seperti Hyundai pastinya juga ikut merasakan.

Untuk penjualan sendiri, Leaf diakui tak terlalu banyak. Secara keseluruhan, penjualan Nissan saat ini berada di kisaran 150 unit per bulan.

"Kalau untuk penjualan Leaf masih sekitar 10 unit per bulan, tapi bulan lalu itu kita akui nol. Dampak dari produk China itu memang masif sekali," kata Caca.

Baca juga: Rapor Hijau Suzuki di Mei 2024

Nissan Leaf mobil listrik asal JepangKompas.com/Kristianto Nissan Leaf mobil listrik asal Jepang

Melihat dari situs resminya, Nissan Leaf yang mengusung kapasitas baterai 40kWh dan memiliki jarak tempuh 311 kilometer (km) dijual sebesar Rp 738 juta untuk one toned dan Rp 740 juta untuk two toned on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com