Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aston Martin Rilis Mobil Limited Edition Cuma 38 Unit

Kompas.com - 30/06/2024, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Motor1.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Aston martin resmi melansir Valiant. Mobil ini merupakan versi sporty dari Aston Martin Valour yang dirancang mengedepankan performa ketimbang kenyamanan.

Dilansir dari Motor1, Valiant awalnya merupakan ide dari pebalap F1 Fernando Alonso, yang meminta kepada Aston Martin dibuatkan mobil pribadi dengan performa luar biasa.

Baca juga: Angkutan Wisata DAMRI Beroperasi di Lombok, Tarif mulai Rp 10.700

Pabrikan asal Inggris tersebut menyanggupi permintaan Alonso, namun pesanannya bukan hanya buat Alonso seorang melainkan dibuat sebanyak 38 unit dan hanya bisa dipesan oleh orang-orang spesial.

Aston Martin ValiantFoto: Carscoops Aston Martin Valiant

Valiant bisa disebut sebagai versi Aston Martin dari Porsche 911 GT3 RS. Desain mobil ini dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan aliran udara, di mana bodi seluruhnya terbuat dari serat karbon.

Selain itu, Valiant juga dilengkapi dengan banyak sekali perangkat tambahan aerodinamis, termasuk bagian depan dengan splitter, sayap, dan diffuser besar di belakang.

Kaki-kaki ditopang pelek magnesium lingkar 21 inci dibalut dengan satu set cakram aero yang terinspirasi dari Aston Martin RHAM/1 Aston yang ikut balapan Le Mans pada akhir 1970-an.

Baca juga: Chery Omoda 5 Diskon Harga Rp 65 Juta

Aston Martin ValiantFoto: Carscoops Aston Martin Valiant

Cakram aero ini memang dirancang untuk mobil kencang, remnya terdiri dari satu set rem karbon keramik berdiameter 16,1 inci di bagian depan dan 14,1 inci di bagian belakang.

Jantung mekanis di balik kap mesin tidak berubah. Namun berkat penghematan bobot, bodi serat karbon, dan downforce yang lebih besar membuat kinerjanya sedikit lebih baik.

Mesinnya twin-turbo V12 5,2 liter mampu memuntahkan 735 Tk dan torsi 753 Nm. Tenaganya lebih besar 30 Tk dari Valour. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com