Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Terdistraksi, Chery Ingin Kembali Genjot Jualan Omoda 5

Kompas.com - 30/06/2024, 10:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Indonesia akan kembali mendorong penjualan Omoda 5 setelah di awal tahun 2024 ini merek asal China itu fokus pada Omoda E5 alias Omoda 5 EV serta peluncuran Tiggo 5X.

Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia mengatakan, Omoda 5 merupakan model penting buat Chery, sebab salah satu model yang membangkitkan nama Chery di Tanah Air.

Baca juga: Live Sprint Race GP Belanda 2024: Marquez Kecelakaan

"Karena Omoda 5 ICE kan sudah punya kesadaran merek yang bagus namun hanya terdistraksi dengan Omoda E5 saja untuk saat ini. Makanya kami mau nanti setelah ini periode Tiggo 5X kami dorong lagi Omoda 5 ICE," ujar Rifkie di Cikarang, Jawa Barat, belum lama ini.

Chery Omoda 5 di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024 KOMPAS.com/Gilang Chery Omoda 5 di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2024

Untuk diketahui, Omoda 5 meluncur pada awal 2023. Sejak itu penjualan terbilang baik bahkan menyalip dua model Chery sebelumnya yang hadir lebih dulu yaitu Tiggo 7 dan Tiggo 8 Pro.

Pada awal 2024 Chery kemudian melansir versi Omoda 5 listrik yaitu Omoda E5 dan Tiggo 5X yang bermain di segmen SUV ringkas. Hal ini membuat sorotan masyarakat pada Omoda 5 jadi berkurang.

Rifkie mengakui periode Januari-Mei 2024 terjadi penurunan penjualan Omoda 5 namun hal itu diklaim sejalan dengan penurunan pasar mobil nasional keseluruhan.

Baca juga: Tips Mengemudi Aman di Jalan Pegunungan

"Dari data kami memang turun ya, tapi tidak signifikan turun artinya turunnya untuk ICE saja yaitu untuk Omoda 5 sejalan dengan penurunan market saat ini. Karena memang sedang sulit untuk semua merek di ICE secara market," ujarnya.

"Omoda 5 ICE kami masih stabil di 200-250 unit, target Omoda itu 400 unit per bulan semua model," ungkapnya.

Chery Omoda E5CSI Chery Omoda E5

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Belanda 2024, Sprint Race Pukul 20.00 WIB

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Omoda 5 dari Januari-Mei 2024 sebanyak 851 unit. Lebih kecil dari jumlah periode sama tahun lalu sebesar 1.060 unit.

Untuk itu kata Rifkie, pihaknya akan kembali fokus untuk memperkenalkan Omoda 5 ke masyarakat. Sebab sebelumnya Chery fokus pada pengenalan Omoda E5 dan juga Tiggo 5X.

"Kemarin kami tidak ada komunikasi atau kampanye, sebab kami fokus pada Omoda E5 dan kemudian pada Tiggo 5X. Makanya dari situ kami kurang ruang untuk Omoda 5 untuk promosi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com