Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Bersaudara Incar Podium di MotoGP Belanda 2024

Kompas.com - 30/06/2024, 16:19 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez dan Alex Marquez punya perforna yang cukup menjanjikan. Kedua pebalap Gresini Racing ini mengincar podium di MotoGP Belanda 2024 yang digelar di Sirkuit Assen.

Marquez bersaudara yang menempati posisi strategis di garis start MotoGP Belanda 2024. Keduanya mendapatkan hasil kualifikasi yang cukup baik dengan motor Ducati Desmosedici GP23.

Baca juga: Live Sprint Race GP Belanda 2024: Marquez Kecelakaan

Alex berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 30,979 detik. Sedangkan Marc, ada di posisi ketujuh dengan waktu 1 menit 31,378 detik. Keduanya berpotensi untuk meraih podium di Sirkuit Assen pada balapan utama pada hari Minggu (30/6/2024).

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024

Saat Sprint Race, Sabtu (29/6/2024), Marc mengalami insiden pada kecepatan tinggi. Beruntung dirinya tidak mengalami cedera. Sementara Alex yang sempat konsisten untuk mengincar posisi kelima, terkendala dengan kondisi ban belakang.

Sehingga, di sisa dua lap posisinya menjauh, bahkan terkena long lap penalty. Alex yang mengabaikannya kemudian diganjar mundur tiga detik.

Baca juga: Marquez Akui Bagnaia 2 Langkah Lebih Maju di MotoGP Belanda 2024

“Saat balapan sisa dua lap, hasilnya bisa sangat berbeda. Hal lucu, kami sedikit kesulitan menjelang akhir dengan ban belakang, namun di sisi lain kami mengumpulkan beberapa informasi berguna tentang ban keras depan yang penting menjelang balapan penuh," ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024

"Sekarang kami perlu melakukan beberapa penyesuaian dan besok kami akan mampu bertarung untuk lima besar,” kata Alex.

Sementara itu, Marc mengungkapkan penyesalannya karena di awal lap sudah mengalami insiden. Padahal, dirinya sudah memastikan bahwa tim mekanik ahli sudah menyiapkan Desmosedici GP23 agar makin nyaman dikendarai di Sirkuit Assen.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024Dok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Belanda 2024

“Rasanya tidak enak membuat kesalahan dan terjatuh. Catatan positifnya adalah saya bisa saja melukai diri sendiri dan hal itu tidak terjadi, terutama pagi ini di tikungan tujuh," ujar Marc.

"Sayang sekali untuk balapan ini karena sensasi motornya luar biasa dan sekarang kami harus mengembalikannya saat sesi Warm Up,” kata Marc.

Pada klasemen sementara MotoGP 2024, Marc berada di peringkat ketiga dengan 136 poin. Dia terpaut 44 poin dari Jorge Martin yang ada di puncak klasemen dengan 180 poin. Sedangkan Alex, berada di peringkat kesepuluh dengan 53 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com