Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur di GIIAS 2024, Ini Modal Serena e-Power Usik Zenix Hybrid

Kompas.com - 30/06/2024, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperkuat jajaran elektrifikasinya, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) siap memasarkan Serena e-Power C28 yang bakal diluncurkan dalam ajang GIIAS 2024.

Tak hanya itu, Serena e-Power C28 juga akan mencoba mengusik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di segmen MPV elektrifikasi. Pasalnya, selain dari segi harga yang dijanjikan bakal kompetitif, spesifikasi serta fitur yang dihadirkan bakal tak kalah saing.

"Harga kompetitif. Serena e-Power generasi terbaru yang akan kita bawa ini CBU langsung dari Jepang, dan kami pastikan produknya ready untuk konsumen satu bulan setelah GIIAS," kata Bima Aristyanto, Head of Sales & Product Planning PT NMDI, kepada media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bicara soal spesifikasi, Serena e-Power C28 generasi keenam ini masih mengusung desain boxy yang sama dengan versi sebelumnya. Namun secara tampilan visual sudah mengalami perubahan, demikian juga dari sisi interior dan pastinya soal fitur yang dihadirkan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik Bekas, Termurah Rp 130 Jutaan

Nissan Serena e-Power GIIAS 2023Kompas.com/Fathan Radityasani Nissan Serena e-Power GIIAS 2023

Untuk dapur pacu, Nissan Serena e-Power C28 mengusung mesin berkode HR14 dengan kapasitas 1.433 cc DOHC 3 silinder segaris, yang nantinya akan digunakan sebagai generator untuk mengisi daya ke baterai tanpa pengecasan eksternal layaknya mobil PHEV.

Bisa dibilang teknologi hibrida e-Power Nissan ini cukup unik. Karena meski tetap menggunakan mesin konvensional, tapi fungsinya hanya untuk mengisi daya.

Baca juga: Benarkah Pedal Gas Harus Dilepas saat Mobil Mau Masuk Tikungan di Tol?

Sementara motor listriknya, benar-benar bertugas untuk mengerakkan roda. Tak heran bila sensasi yang ditawarkan diklaim layaknya menggunakan mobil listrik yang punya torsi instan, senyap, dan irit bahan bakar.

Nissan Serena e-Power C28 HWSNMDI Nissan Serena e-Power C28 HWS

"Torsinya besar, senyap, dan tak perlu cari pengisian daya untuk baterai. Jadi ini kelebihan utama yang kami tawarkan pada teknologi e-Power," kata Bima.

Dari data di atas kertas, Nissan Serena e-Power C28 memiliki torsi sebesar 315 Nm dan tenaga 160 Tk yang disalurkan ke roda depan.

Berkat teknologi elektrifikasi tersebut, konsumsi bahan bakarnya pun jauh lebih irit dari versi sebelumnya. Diklaim untuk pengisian BBM penuh, MPV ini mampu menempuh jarak hingga 800 kilometer (km).

Baca juga: Cara Mengemudi yang Bisa Bikin Cepat Rusak CVT Mobil

Nissan Serena e-Power C28 HWSNMDI Nissan Serena e-Power C28 HWS

Sedangkan untuk teknologi keamanan yang ditonjolkan, salah satunya adalah Nissan Safety Shiel dengan fitur keamanan lengkap untuk memberikan perlindungan menyeluruh. Selanjutnya Propilot yang merupakan fitur bantuan atau asistensi untuk pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com