Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dominasi Bagnaia di Assen, Ini Catatan Rekornya

Kompas.com - 30/06/2024, 20:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Lenovo Ducati Francesco Bagnaia jadi pemenang MotoGP Belanda, Minggu (30/6/2024). Posisi kedua diisi Jorge Martin (Pramac Ducati) dan ketiga ada Enea Bastianini (Lenovo Ducati).

Bisa dibilang, Bagnaia bagai tak tersentuh selama balapan. Memulai dari pole position, Bagnaia langsung memimpin balapan sampai akhir, bahkan selisih waktunya dengan Martin sampai tiga detik lebih.

Bahkan kalau melihat dari hari Jumat, Bagnaia memuncaki semua sesi. Misal latihan bebas pertama, Practice, latihan bebas kedua, kualifikasi, Sprint Race, sampai balapan, semuanya dipuncaki Bagnaia.

Baca juga: BYD Harmony Sudirman Resmi Dibuka, Hadir di Kawasan Bisnis Sudirman

Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda 2024TWITTER/PECCOBAGNAIA Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda 2024

Bagnaia juga memecahkan berbagai rekor. Saat kualifikasi, dia mencatatkan waktu 1 menit 30,540 detik.

Begitu juga saat balapan, dia mencatatkan waktu 1 menit 31,8 detik, jadi rekor trek juga. Bahkan saat dibedah, semua catatan waktu Bagnaia stabil, di 1 menit 32 detik.

Hebohnya lagi, total waktu balapan Bagnaia di 2024 dan 2023 yang juga dia menangkan, selisihnya 30 detik. Berarti Bagnaia lebih cepat satu detik setiap putaran di 2024 dari dirinya di 2023.

Baca juga: Hasil MotoGP Belanda 2024; Bagnaia Raja Assen, Martin Kedua


Bagnaia juga mencatatkan tiga kali menang berturut-turut di MotoGP Belanda. Dia jadi pebalap pertama di kelas utama yang melakukannya sejak Mick Doohan menang lima kali berturut-turut dari 1994-1998.

Selain itu, kemenangan Bagnaia juga sudah sebanyak 23 kali pakai motor Ducati, menyamai rekor Casey Stoner. Benar-benar jadi pekan yang fantastis buat Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com