Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Hijau Suzuki di Mei 2024

Kompas.com - 27/06/2024, 10:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mencatat peningkatan penjualan sebesar 22 persen pada Mei 2024.

Hasil ini diklaim tak lepas dari sajian produk yang sesuai kebutuhan pelanggan serta harga kompetitif di kelasnya.

Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS mengatakan, persaingan pasar yang sehat dan kompetitif memacu pihaknya menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan.

"Pasar otomotif semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan," ujar Randy dalam keterangan resminya, Rabu (26/6/2024).

Baca juga: Inden Suzuki Jimny Masih Satu Tahun

Secara garis besar, peningkatan penjualan Suzuki pada Mei lalu didukung tiga produk utama dari kategori mobil penumpang, yakni XL7 Hybrid, Ertiga, dan Baleno.

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise meluncur di IIMAS 2024KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Suzuki Ertiga Hybrid Cruise meluncur di IIMAS 2024

Tak hanya itu, produk hybrid yang dipasarkan juga mampu mendominasi 35 persen dari total penjualan mobil penumpang Suzuki pada periode yang sama. Demikian juga untuk kategori komersil dengan pencapaian 52 persen dari penjualannya secara keseluruhan.

Suzuki XL7 jadi kontributor utama yang alami peningkatan 28 persen dibanding bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi sebesar 61 persen. Selain itu, rival Rush-Terios ini juga mengalami kenaikan pangsa pasar 6 persen di kategori SUV medium tiga baris.

Untuk Ertiga, penjualannya dikuasai varian hybrid sebanyak 70 persen. Hasil ini sekaligus menunjukkan kendaraan hybrid mendominasi 43 persen dari total keseluruhan penjualan mobil penumpang Suzuki Indonesia.

Baca juga: Nissan Serena e-Power C28 Siap Meluncur di GIIAS 2024

Baleno yang jadi tulang punggung ketiga penjualan Suzuki pada Mei lalu mengalami peningkatan 57 persen dari bulan sebelumnya, sekaligus jadi pemimpin market share di kategori sedan hatchback.

Suzuki Baleno ATKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki Baleno AT

Hasil positif juga diterima Grand Vitara yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Melalui catatan penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas," kata Randy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com