Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Belum Tahu, Begini Cara Isi BBM di SPBU Self Service

Kompas.com - 30/06/2024, 13:01 WIB
Selma Aulia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dengan sistem self service sudah banyak tersebar di setiap kota Indonesia, namun sayangnya masih ada masyarakat yang belum tahu bagaimana cara mengisi bahan bakar minyak (BBM) sendiri.

Seperti unggahan video akun Instagram @lifeatsuroboyo, Sabtu (29/6/2024), yang memperlihatkan seorang konsumen yang kesulitan mengisi BBM ke tangki motornya.

SPBU self service udah banyak tersedia, tapi kendalanya isi sendiri bensin tumpah karena emang nggak mudah,” tulis keterangan dalam video tersebut.

Baca juga: Asuransi Mobil Listrik Bakal Punya Tarif dan Ketentuan Berbeda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Life at Suroboyo - LAS MEDIA SURABAYA (@lifeatsuroboyo)

 

Bahkan banyak warganet yang komentar bila mereka belum mengetahui cara mengisi BBM dengan sistem self service.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ini masalahnya selama ini konsumen dimanjakan dengan service yang diberikan oleh petugas, diisikan dan kadang tidak melihat proses atau tidak peduli pengisian BBM-nya.

“Butuh edukasi atau pengalaman dulu. Di Negara luar, rata-rata pengisian BBM sudah mandiri, dari peletakan posisi kendaraan, bayar di loket atau online, menentukan jumlahnya, sampai dengan pengisian BBM,” kata Sony saat dihubungi, Kompas.com, Minggu (30/6/2024).

Sony mengatakan, proses pengisian BBM mandiri sudah harus dibiasakan karena contohnya charging listrik EV tidak ada petugas yang bantu.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Oli Mobil Matik CVT?

“Pemilik harus operate sendiri, harus bisa dari awal persiapan sampai selesai ngisi. Untuk BBM yang belum terbiasa sebaiknya hubungi petugas untuk minta bantuan.

Sony juga menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pengisian BBM dengan sistem self service.

“Pertama nominal jumlah BBM harus sesuai dengan kapasitas tangki atau bisa muntah, kedua posisi kendaraan motornya di standar dua supaya motor tegak,” kata Sony.

Ketiga, masukkan mulut nozzle ke dalam tangki secara perlahan dan hati-hati. Keempat, setelah fix, tekan pedal nozzle secara diperas supaya BBM yang keluar terukur.

“Terakhir, jaga jarak dan lihat kondisi tangki, jika sudah mau penuh perlahan lepas pedal nozzle supaya BBM yang keluar lebih tertahan,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com