Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Belanda 2024; Bagnaia Raja Assen, Martin Kedua

Kompas.com - 30/06/2024, 19:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ASSEN, KOMPAS.com - Rider Ducati Francesco Bagnaia menjadi juara di MotoGP Belanda 2024, Minggu (30/6/2024). Hasil ini menyempurnakan rekor Bagnaia di Sirkuit Assen, dengan menguasai semua jalannya balapan.

Pada posisi kedua ditempati oleh Jorge Martin, dan kejutan ada di posisi ketiga yang diraih Enea Bastianini. Marc Marquez ada di posisi empat, dan Fabio Di Giannantonio ada di posisi kelima.

Pebalap tim pabrikan Ducati Francesco Bagnaia yang start dari posisi pertama langsung mengambil alih pimpinan. Disusul pebalap Aprilia Maverick Vinales yang menyodok ke depan.

Baca juga: 1.000 Unit Mobil Listrik BYD Dikirim ke Konsumen

Start baru berlangsung tak lama sudah ada pebalap yang terjatuh yaitu Alex Rins. Membuat bendera kuning berkibar di sektor satu tapi balapan tetap berlangsung.

Di lap kedua Bagnaia memimpin balap diikuti oleh pebalap Pramac Ducati Jorge Martin di posisi kedua usai menyalip Vinales. Tak lama Vinales kembali melebar dan disusul oleh pebalap Gresini Racing Marc Marquez.

Di akhir lap kedua susun pebalpa grup depan ialah Bagnaia di posisi pertama, kemudian Martin di tempat kedua, disusul Marquez dan Vinales di tempat ketiga dan keempat.

Rookie GasGas Tech3 yang tahun depan pinah ke pantikan KTM Pedro Acosta berada di posisi kelima membuntuti Vinales.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @89jorgemartin Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Baca juga: Skema Kredit Hyundai Palisade AWD, Cicilan mulai Rp 17 Jutaan


Pada lap ketujuh ususn pebalap grup depan tidak berubah. Bagnaia justru makin nyaman memimpin di depan dengan jarak nyaris satu detik dari Martin.
Adapun Marquez di tempat ketiga juga kesulit mengejar Martin dengan jarak nyatis 2,5 detik. Di lap kedelapan Marquez disalip pebalap VR46 yaitu Fabio Di Giannantonio.

Pada lap ke-10 jarak antara Bagnaia dan Martin belum berubah dengan gap nyaris satu detik. Namun jarak antara Martin dengan Diggia justru menjauh nyaris tiga detik. Sehingga pertarungan di grup depan seperti terpencar.

 


Di sisi lain pada lap ke-12 pebalap pabrikan Yamaha Fabio Quartraro berjuang di posisi ke-13. Diebutkan pebalap asal Perancis tersebut ditengarai terkendala masalah fisik meski belum dikonfirmasi.

Pada lap ke-13 Bagnaia mencatat best lap di Sirkuit Assen dengan dengan catatan 1 menit 31,866 detik. Pada lap ini jarak antara dirinya dengan Martin makin jauh yaitu sekitar 1,2 detik.

Pemilihan ban dengan kompon hard-medium disebut jadi senjata Bagnaia di balapan kali ini. Meski suhu sirkuit tidak terlalu panas, pemilihan kompon keras di depan membuat Bagnaia berani tampil menekan.

Baca juga: Bocoran Royal Enfield Guerilla 450, Rilis Pertengah Juli

Di sisi lain Martin memilih pakai kompon medium-medium. Membuatnya seolah menahan untuk tampil menekan penuh di awal untuk menjaga kondisi ban.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. @pecco63 Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Pada lap ke-16 posisi Bagnaia dan Martin belum berubah. Pun demikian dengan Diggia dan Marquez di posisi ketiga dan keempat. Disusul Vinales di posisi kelima dan Acosta di posisi keenam.

Sisa sembilan lap Bagnaia sembikn menjauh sempat menyentuh gap 1,8 detik dengan martin. Di sisi lain di lao ke-18 tersebut pebalap Ducati Lenovo Enea Bastiani berhasil menyalip Acosta membuatnya mundur ke posisi tujuh.

Baca juga: Pilih Mana, Mobil Bekas Pernah Turun Mesin atau Kondisinya Rusak?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com