Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Ecu Airbag, Toyota Juga Umumkan Recall Avanza, Raize, dan Veloz

Kompas.com - 06/06/2023, 07:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) juga mengumumkan recall untuk Avanza, Veloz, dan Raize yang dipasarkan di Indonesia imbas masalah ECU airbag.

Sama dengan Rocky dan Xenia, recall Toyota Raize, Avanza, dan Veloz berlaku untuk unit yang diproduksi pada Desember 2022 hingga Januari 2023.

Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM mengatakan, bagi Toyota recall dilakukan sebagai bagian dari upaya serta komitmen menghadirkan ever-better cars, guna menjamin kualitas produk serta menjaga keamanan dan keselamatan pelanggan.

"Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," ucap Henry dari keterangan resminya, Senin (5/6/2023).

Baca juga: Masalah ECU Airbag, Daihatsu Recall Xenia dan Rocky di Indonesia

Toyota AvanzaToyota Toyota Avanza

Dijelaskan penarikan kembali dilakukan karena adanya malfungsi pada salah satu kapasitor ECU airbag. Kondisi tersebut menyebabkan potensi airbag tak bisa beroperasi sebagaimana fungsinya.

Henry mengatakan, bagi pemilik model Toyota yang terdampak, disarankan menghubungi Toyota atau datang ke jaringan diler terdekat guna pengecekan atau pergantian bila dibutuhkan.

Pengecekan hingga pengerjaan, kurang lebih berlangsung selama 1 jam. Prosesnya, pelanggan disarankan melakukan booking servis lebih dulu agar diler dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti.

Baca juga: Video Toyota Sienta Gagal Nanjak di Gunung Pancar, Ini Penyebabnya

"Seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali, gratis," kata Henry.

Untuk jumlah unit yang terkena recall, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, total keseluruhan dari tiga model sebanyak 3.538 unit.

Toyota RaizeKOMPAS.COM/Setyo Adi Toyota Raize

"Veloz 103 unit, Raize 75 unit, dan 3.360 unit untuk Avanza. Jadi total 3.538 unit semuanya," tulis Anton dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com.

Toyota mengklaim, semua jaringan bengkel di seluruh wilayah Indonesia dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen ECU airbag.

Baca juga: Diler Honda di Bali Jual Freed New Old Stock 2012 Rp 260 Juta

Informasi soal recall juga mulai disampaikan kepada pelanggan dengan berbagai saluran komunikasi. Konsumen bisa menghubungi jaringan diler resmi atau Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Pengecekan mandiri bisa dilakukan dengan mengakses www.toyota.astra.co.id/ssc, kemudian masukan nomor rangka dan selanjutnya akan diberikan informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall. Setelah itu, konsumen akan diarahkan mendatangi diler terdekat dan dilakukan perbaikan jika dibutuhkan.

Seperti diketahui, Daihatsu sebelumnya juga sudah mengumumkan recall terhadap Xenia dan Rocky karena masalah yang sama, yakni ECU airbag. Total ada 1.210 unit yang terimbas malfungsi tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com