Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Perjalanan Truk Besar Angkut Excavator Lintasi 3 Pulau, Habiskan Solar Lebih dari 2 Ton

Kompas.com - 05/06/2023, 15:51 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Truk merupakan kendaraan niaga jalur darat yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Bahkan hampir setiap jalan dengan berbagai medan dan tangan pasti dilintasi oleh truk.

Apalagi, truk punya peran penting untuk mengatur berbagai muatan yang berkaitan penting dengan sandang, pangan atau papan. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana truk menghabiskan waktu untuk sampai ke tempat tujuan.

Bahkan ada pula truk yang harus melintasi 3 pulau di Indonesia untuk mengantar muatan. Misalnya seperti perjalan truk Volvo FH16 520 dan truk Howo 371 yang melintasi Pulau Kalimantan, Pulau Jawa hingga Pulau Sumatera untuk mengangkut excavator Hyundai Robex 1250-9.

Perjalanan tersebut diabadikan dalam sebuah video yang diunggah oleh Ahmad Nor Maulana Afsan pada akun Tiktoknya @anmaulanaafsan.

Baca juga: Malas Antre, Pengemudi Honda Freed Tabrak Mobil Lain

Perjalanannya itu memakan waktu 12 hari. Kedua truk jalan bersamaan. Konvoi,” kata Pria yang akrab disapa Maul tersebut kepada Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Maul juga mengatakan dirinya memang sangat tertarik pada kendaraan truk sehingga rela untuk mengikuti perjalan sopir truk dalam mengantar barang.

@anmaulanaafsan Perjalanan yang sangat panjang melintasi 3 pulau besar dari Kalimantan-Jawa-Sumatera mengirim Pretelan Excavator Hyundai Robex 1250-9 menggunakan truk Volvo dan Howo #volvo #volvotrucks #volvofh #hyundai #hyundaiexcavator #hyundairobex ? original sound - Ahmad Nor Maulana ??


Selama perjalanan tersebut, pria yang berprofesi sebagai kreator konten kendaraan berat tersebut mengatakan setiap truk terdiri dari dua orang sopir. Nantinya sopir akan bergantian saat membawa truk.

“Sesekali kami istirahat di rumah makan, kadang di bengkel tambal ban. Kalau di jalan tol hampir semua rest area kita singgahi untuk mengamankan ban, agar tidak terlalu panas,” kata Maul.

Baca juga: Harga LMPV Bekas per Juni 2023, Xenia mulai Rp 48 Jutaan

Lantaran kedua kendaraan tersebut adalah kendaraan besar, untuk melibas 3 pulau, jika di total menurut Maul masing-masing truk menenggak BioSolar lebih dari 2 ton.

“Banyak kali mampir ke SPBU di rest area. Setiap truk di jatah oleh pemiliknya untuk beli solar dengan budget Rp 1 juta sekali isi,” kata Maul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com