Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Toyota Sienta Gagal Nanjak di Gunung Pancar, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 05/06/2023, 13:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian mobil tidak kuat menanjak kembali terjadi mewarnai lalu lintas di Indonesia. Kali ini kejadian tersebut terekam pada cuplikan video viral milik akun Tiktok @joinmarket.

Pada video tersebut menampilkan MPV Toyota Sienta berkelir putih, gagal menanjak di jalan saat melintasi kawasan Gunung Pancar, Bogor.

Sienta terlihat berusaha keras melintasi jalan sempit dengan tanjakan curam sampai mengeluarkan asap putih. Namun, kendati telah berusaha keras mobil tetap kembali mundur turun ke bawah.

Baca juga: Menpora Beri Restu kalau Formula E Jadi Balapan Malam

Menanggapi video tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, salah satu tantangan dalam berkendara di tanjakan adalah kemampuan pengemudi dalam mengelola keterampilan berkendara.

“Poin tersebut adalah saat melihat alas, sudut kemiringan tanjakan dan dipadukan dengan jenis ban, berat kendaraan, jenis transmisi serta power mesin,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (5/6/2023).

@joinmarket Tetap tenang dan fokus#perjalanan#wisata #optimis #mobil #fyp? #fyp #gunungpancerbogor ? suara asli - JoinMarket

 

Sony mengatakan ada dua rintangan jalan yang harus dilalui oleh pengemudi. Pertama ada sudut tanjakan yang berbeda dalam satu lajur.

Lalu, rintangan yang kedua adalah jalan terbuat dari beton sehingga menambah licin permukaan jalan.

“Maka rumus yang paling tepat saat melintasi jalan tersebut adalah menjaga power mesin pada jarak kurang lebih 25 meter dari sebelumnya, supaya mobil tidak kehabisan napas saat akan menanjak,” kata Sony.

Baca juga: Formula E Jakarta Hari ke-Dua Sepi, Marshal Keamanan Nganggur

Selain itu, menurut Sony cara itu juga membuat grip ban lebih terjaga selama perjalanan lantaran biasanya jenis CVT automatic menambah beban menanjak lebih berat.

“Sekali saja pedal gas diangkat yang membuat RPM turun maka kemungkinan gagal menanjak akan terjadi,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com