Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2023, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak debutnya di Tanah Air pada 16 Februari 2023 lalu melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, mobil listrik MG4 EV diklaim sudah terima 1.000 reservasi pesanan.

Angka tersebut, dijelaskan Marketing and PR Director PT MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, merupakan akumulasi secara nasional hingga periode 29 Maret 2023 alias satu bulan lebih.

"Dari satu bulan lalu kita buka (pemesanan), sekarang saya baru dapat datanya yang mana, animo masyarakat Indonesia sangat luar biasa. Reservation MG4 EV 1.000 plus sudah kita dapatkan," katanya di Bandung, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: 100 Unit MG4 EV Siap Dikirim Juli 2023

Mobil listrik MG4 EVKOMPAS.com/ RULY KURNIAWAN Mobil listrik MG4 EV

"Sehingga sama-sama kita akan ramaikan green environment di Indonesia," ujar Arief.

Capaian itu tentu melebihi ekspektasi perseroan. Mengingat mobil yang diimpor secara utuh dari Thailand tersebut kuotanya untuk tahun ini hanya 100 unit.

Sehingga, dengan lonjakkan penerimaan pasar yang begitu masif, MG Indonesia mengaku melakukan komunikasi ulang yang intens terhadap prinsipal agar bisa segera memenuhi seluruh permintaan atau ekspektasi konsumen.

"Kita kan kuota dari awal 100 unit tahun ini. Maka dari itu, saya berkonsolidasi dengan tim management untuk bisa fulfill another stage (ke konsumen sisanya) karena bagaimanapun kalau penerimaannya baik tapi tidak ada barangnya, itu suatu hal yang percuma," kata Arief.

Baca juga: Mercedes-Benz Punya 19 Mobil Baru, Meluncur Tahun Ini

Mobil listrik MG4 EVKOMPAS.com/ RULY KURNIAWAN Mobil listrik MG4 EV

"Artinya kita tidak mau hal tersebut menjadi isu, di mana ada permintaan tetapi agak sulit untuk memenuhinya (suplai). Tapi untuk yang 100 unit pertama, sudah kita atur pada Juli 2023 mendatang," lanjut dia.

Dengan kondisi terkait, maka untuk 900 pemesan MG4 EV lainnya belum dapat dipastikan oleh MG Indonesia untuk kapan bisa dilakukan pengiriman.

Diketahui, MG4 EV kali pertama dikenalkan dan dipasarkan di Indonesia melalui ajang IIMS 2023 pada Februari 2023 lalu.

Mobil menggunakan baterai datar berdaya 51 kWh, yang tersemat di sisi bawah dan merupakan yang tertipis di kelasnya dengan tinggi 110mm. Inovasi ini berdampak positif terhadap luas ruang kabin.

Baca juga: Update Rencana Mercedes-Benz Gabung Indomobil Group

Kapasitas listrik tersebut memungkinkan MG4 EV untuk mencapai daya tempuh hingga 425 Km dalam mode NEDC (350 Km dalam mode WLTP).

"Dalam kondisi terbaik, baterainya mampu mengisi daya dari 10 persen hingga 80 persen dalam rentang 35 menit," ucap Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com