Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Rancang Teknologi Self-Balancing Anti Jatuh

Kompas.com - 29/03/2023, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi sepeda motor yang bisa tegak atau seimbang sendiri (self-balancing) sedang dikembangkan Yamaha. Kini muncul video yang memperlihatkan progres tersebut di Yamaha R25.

Dikutip dari Rushlane, teknologi self-balancing ini tercetus untuk mengurangi fatalitas kecelakaan karena motor di 2050. Teknologi ini jadi salah satu komponen dalam Advanced Motorcycle Stabilisation Assist System (AMSAS) Yamaha.

Memang teknologi yang disematkan ke R25 ini baru percobaan, belum akan diluncurkan dalam waktu dekat. Jadi sistem tadi masih perlu disempurnakan, disesuaikan dengan kondisi jalan raya nanti yang lebih ramai.

Baca juga: Quartararo Sebut Motor Yamaha Tidak Bisa Lawan Motor Lain


Tapi jika nanti sistem ini lolos berbagai tes yang sudah disiapkan, Yamaha akan menyematkan teknologi self-balancing ini ke berbagai lini produknya.

Jadi pada dasarnya, teknologi ini membuat motor bisa seimbang di kecepatan yang rendah. Ada dua motor yang bertugas mengendalikan, satu dipasang di setang dan satu di roda depan.

Kedua motor tadi dikendalikan lagi oleh Inertial Measurement Unit (IMU). Jadi secara otomatis, motor diseimbangkan saat berjalan di kecepatan rendah, bahkan saat tes, bisa dilakukan tanpa ada pengendara di atasnya.

Baca juga: Tanda Cairan Coolant Mobil Harus Segera Ganti


Ketika mau jalan atau berhenti, motor yang ada di roda depan menjaga keseimbangan. Sedangkan saat mulai bergerak di bawah 5 kpj, maka keseimbangannya dibuat oleh motor yang ada di setang.

Jadi teknologi ini harapannya bisa membantu pengendara yang pendek atau yang kesulitan menjaga keseimbangan motor karena bobotnya yang berat saat mau mulai atau berhenti. Orang dengan keterbatasan fisik juga bisa terbantu.

Teknologi ini juga bisa jadi manfaat untuk pengendara yang baru mulai belajar. Jadi mengurangi risiko motor terjatuh di kecepatan rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com