Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Rencana Mercedes-Benz Gabung Indomobil Group

Kompas.com - 29/03/2023, 16:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indomobil Group dikabarkan akan mengambil alih PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI). Namun, belum diketahui sampai sejauh mana negosiasi tersebut berlangsung.

Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Marketing Communication & PR PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, mengatakan, pihaknya belum bisa mengungkap detail rencana peralihan tersebut.

“Jadi sejauh ini, belum ada informasi yang bisa kami share lebih lanjut kepada rekan-rekan media,” ujar Kariyanto, dalam konferensi pers di Jakarta (28/3/2023).

Baca juga: Waktu yang Tepat Ganti Filter Oli Transmisi Mobil Matik

Ilustrasi servis mobil Mercedes-BenzDok. MBDI Ilustrasi servis mobil Mercedes-Benz

“Jika nanti memang ada informasi terkait hal tersebut, tentu akan kami sampaikan secara terbuka dan transparan. Itu yang bisa kami sampaikan per saat ini,” kata dia.

Sebagai informasi, kabar tentang Indomobil Group yang akan mengambil alih Mercedes-Benz di Indonesia semakin kencang belakangan ini. Namun, dari pihak MBDI masih belum memberikan kejelasan terkait kabar tersebut.

"So far masih negosiasi di level global, Indomobil jadi bagian tim gabungan. Jadi masih on going proses," ucap sumber dari internal perusahaan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tim RNF Aprilia Tetap Minta Marquez Dihukum Lebih Berat

Seperti diketahui, Mercedes-Benz di Indonesia tidak hanya sekadar mendistribusikan mobil saja. Tapi, juga memiliki fasilitas perakitan di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Kabarnya negosiasi ini juga termasuk akuisisi pabrik Wanaherang mulai beroperasi sejak 1978 seluas 43 hektar berkapasitas produksi 6.100 unit per tahun dalam satu shift.

Jika benar Indomobil Group akan mengambil alih MBDI, maka pabrik perakitan tersebut bisa jadi akan diambil alih juga.

Saat ini, Indomobil Group memegang banyak merek otomotif roda empat ternama, seperti Suzuki, Nissan, Kia dan Hino. Sedangkan untuk merek mobil premium seperti Audi dan Citroen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com