Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 14:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Musim hujan saat ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bagi pemilik mobil, wajib untuk meningkatkan perwatannya. 

Air hujan mengandung zat asam yang tinggi dan berbahaya bagi komponen-komponen berbahan dasar logam.

Sebelum terlambat, perawatan ringan dan sifatnya bisa dilakukan sendiri, seperti cuci mobil bisa dilakukan lebih sering untuk menghindari korosi. 

Tak hanya itu, beberapa komponen utama kendaraan terutama di bagian kolong secara berkala juga membutuhkan perhatian khusus.

Baca juga: Awas Tertipu, Kenali Beda Busi Nikel, Iridium, dan Platinum

Pelumasan komponen gerak seperti kopel hingga beberapa komponen steering mencegah kerusakan serius. 

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

"Sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah, pemilik mobil bisa mencuci kendaraan lebih sering. Setelah digunakan, bisa dibersihkan menghindari air hujan yang memicu korosi," ucap Bejo Agung Nugroho Instruktur Nasmoco Training Center kepada Kompas.com, Jumat (2/12/2022). 

Cat, bodi, dan komponen logam lainnya jika dibiarkan begitu saja tak dirawat potensi kerusakan seperti keropos dan berjamur jadi meningkat. 

Khusus bodi, lapisan terluar mobil modern memang telah dilengkapi proteksi yang tahan segala perubahan cuaca. Namun demikian, dengan adanya perawatan dari pemilik bisa lebih maksimal.  

"Detail masalah-masalah dikuasai sendiri oleh pemilik. Tinggal nantinya perawatan berkala rutin yang diserahkan kepada bengkel resmi. Termasuk, medan jalan yang dilalui sehari-hari seperti apa juga menentukan perlakuan khusus di luar SOP yang tertulis di buku pedoman pemilik," kata dia. 

Baca juga: Warna Busi Jadi Hitam dan Merah, Ini Penyebabnya

Perawatan sederhana yang benar dari pemilik, ke depannya akan dirasakan langsung, salah satunya adalah kendaraan operasional yang sehat, hal itu tentunya memudahkan mobilisasi sesuai kebutuhan. 

Bengkel DaihatsuADM Bengkel Daihatsu

"Rasa nyaman, dan percaya diri meningkat saat mobil digunakan beraktivitas. Poin-poin perawatan sederhana manfaatnya beragam, dan hasilnya kembali sesuai apa yang diinginkan pemilik," tutur Bejo. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com