Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Tertipu, Kenali Beda Busi Nikel, Iridium, dan Platinum

Kompas.com - 30/11/2022, 10:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi pada kendaraan memiliki peran penting. Keberadaannya tak bisa dianggap remeh karena berfungsi menciptakan percikan api untuk memicu ledakan campuran bensin dan udara.

Tapi kalah penting pemilik kendaraan juga harus mengetahui jenis busi yang beredar di pasaran agar tak mudah tertipu. Minimal bisa mengerti perbedaannya.

Umumnya, ada tiga jenis busi yakni standar berbahan nikel, platinum, dan iridium. Ketiganya dibedakan dari jenis material yang pastinya menentukan kualitas dan harga jualnya.

Namun menurut Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Oktaviano, sebenarnya untuk NGK yang secara umum lebih banyak di pasaran dibedakan dari dua material, yakni busi logam mulia dan non-logam mulia.

Baca juga: Bukan Awet, Ini Efek Buruk Ritual Angkat Wiper Saat Parkir

"Logam mulia pada NGK itu seperti G-Power, Iridium, Laser Iridium, dan MotoDX. Sementara untuk yang non-logam mulia itu cuma ada di produk-produk busi standar, itu materialnya nikel biasa," ujar Diko kepada Kompas.com, Selasa (29/11/2022).

Busi kendaraan NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi kendaraan NGK

Buat yang belum paham soal perbedaannya, menurut Diko sebenarnya cukup mudah karena bisa dilihat secara kasat mata.

Pertama bisa dengan memperhatikan bagian elektroda pusat. Untuk busi standar dengan bahan nikel elektroda pusatnya pasti punya diameter yang lebih besar.

Diko menjelaskan, bila diukur diameter elektroda pusat untuk busi berbahan nikel sekitar 2,0 milimeter (mm). Sementara untuk logal mulia lebih kecil.

"Secara fisik nikle bisa dilihat diameternya karena beda dengan logam mulia. Sementara untuk yang logam mulia itu pasti (pusat elektroda) selalu seperti jarum. Produk logam mulia di NGK ada banyak, dan itu sama seperti jarum dengan ukuran 0,6 mm," ujar Diko.

"Jadi sebenarnya tidak repot lihat bedanya, karena sudah bisa langsung dikenali dari ujung elektroda. Tidak ada cerita busi iridium tapi elektrodanya besar, pasti itu sudah menipu," kata Diko.

Baca juga: Jangan Sampai STNK Diblokir, Ini Cara Bayar Denda Tilang ETLE

Untuk perbedaan logam mulia pada jajaran produk NGK, seperti pada G-Power, Iridium, Laser Iridium, dan MotoDX, menurut Diko secara umum memiliki dimensi elektroda pusat yang sama, yakni 0,6 mm.

Busi NGKNGK Busi NGK

Sedangkan yang membeda dari masing-masing jenis busi tersebut adalah kandungan material. Untuk G-Power berbahan platinum, Iridium IX adalah iridium.

"Kalau yang Laser Iridium itu kombinasi, elektroda pusatnya ada iridium dan masanya itu ada bahan platinum, jadi logam mulia ganda. Untuk MotoDX itu ada gabungan iridium dan ruthenium pada center elektroda," kata Diko.

Dari perbedaan kandungan meterial pada jenis busi logam mulia tersebut, Diko mengatakan berujung pada kualitas. Lebih tepatnya ke masalah durabilitas pemakaian.

"Kenapa harus logam mulia, karena kalau kita belajar fisika dulu logam mulia itu punya sifat material sebagai pengantar listrik yang baik dan antioksidasi," ujar Diko.

Baca juga: Motor Trail Bekas, KLX dan CRF Dibanderol Mulai Rp 15 Jutaan

Dengan demikian, tak heran bila harga busi dengan material logam mulia seperti G-Power, Iridium, Laser Iridium, dan MotoDX, memang lebih mahal dibanding busi standar berbahan nikel.

Busi kendaraan NGKKOMPAS.com/STANLY RAVEL Busi kendaraan NGK

Pemilik kendaraan juga harus pintar-pintar membedakan produk busi yang ada dipasaran. Jangan sampai kena iming-iming harga murah namun kualitasnya malah merugikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com