Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Sebut Sprint Race Bagian dari Pertunjukan MotoGP

Kompas.com - 02/12/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim depan, MotoGP resmi menerapkan format Sprint Race.

Dengan adanya format tersebut, total akan ada 42 balapan sepanjang musim 2023. Meski secara teknis balapan Sprint Race hanya digelar dengan setengah jarak normal, terbagi menjadi dua hari, Sabtu dan Minggu, tetapi hal ini tetap saja bisa memengaruhi fisik dan mental pebalap.

Alex Marquez mengatakan, Sprint Race merupakan ide gila di mana pebalap harus berlomba selama 2 kali di setiap minggunya. Namun, ia menambahkan, hal ini juga merupakan bagian dalam pertunjukan MotoGP.

Baca juga: Yayasan AHM Siram Rp 350 Juta Buat Bengkel Wirausaha Binaan

“Ini gila, tapi kegilaan adalah pertunjukan. Jika ingin menambah lebih banyak balapan dan para penggemar dapat menikmati lebih banyak, kami di sini untuk itu, untuk memberikan pertunjukan yang bagus,” ucap Alex, dikutip dari Crash, Jumat (2/12/2022).

Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022GORINI_LUCA Alex Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Rider 26 tahun ini menambahkan, meski terlihat berat melakukan 42 balapan dalam satu musim, tetapi seiring berjalannya waktu, para pebalap pasti akan terbiasa dengan format sprint.

"Agak gila 42 balapan, tapi pada akhirnya kami akan terbiasa. Di Superbike mereka membuat tiga. Cara menghadapi akhir pekan akan sedikit berubah dan kemudian akan sangat normal,” katanya.

Baca juga: Hatcback Bekas Mulai Rp 70 Jutaan di Semarang

Sebagai informasi, di musim depan Sprint Race akan digelar setiap hari Sabtu pada pukul 15.00. Jumlah balapannya setengah dari jumlah balapan utama. Misalkan balapan pada hari Minggu 28 lap maka pada Sprint Race jadi 14 lap.

Poin yang diperebutkan hanya setengah dari balapan utama. Contoh jika seorang pebalap dapat 25 poin jika meraih podium utama pada hari Minggu, maka di Sprint Race hari Sabtu hanya 12 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.