Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan PO yang Sudah Pakai Suites Combi Bus Buatan Karoseri Laksana

Kompas.com - 02/12/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana memperkenalkan varian Suites Combi Bus pada April 2022. Saat itu, bus dengan kabin kombinasi ini merupakan milik PO Sinar Jaya dengan bodi Legacy SR2.

Pada dasarnya, suites combi merupakan bus dengan dua model kabin. Untuk bagian depan sampai ke tengah, dibuat jadi kelas eksekutif, bangku disusun dua kanan dan dua kiri.

Sedangkan di bagian tengah ke belakang, dipasang bangku sleeper atau kalau di Laksana disebut dengan Suites Class. Jadi dalam satu bus, ada dua model bangku yang bisa dipilih penumpang, mau biasa atau sleeper.

Baca juga: Rawan Aksi Lempar Batu, Bus PT ALS Tetap Tanpa Tameng Depan

Bus AKAP baru PO Gunung HartaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Gunung Harta

Saat pertama kali diperkenalkan, Suites Combi Bus masih memakai basis bodi Legacy SR2. Tapi pada GIIAS 2022, diluncurkan Suites Combi Bus dengan bodi terbaru, yakni Legacy SR3.

Saat itu, bodi yang dikelir putih tersebut merupakan milik PO Sinar Jaya. Jadi bisa dibilang ada dua jenis Suites Combi yang dimiliki PO Sinar Jaya, dengan bodi SR2 dan SR3 yang paling baru.

Untuk generasi Suites Combi Bus Legacy SR2, PO Sinar Jaya menggunakannya untuk rute Jakarta-Madura. Sedangkan untuk yang paling baru (SR3) masih belum tampak dioperasikan.

Baca juga: ITS Bikin Mobil Listrik, Daya Jelajahnya sampai 200 Km

Selain Sinar Jaya, PO Gunung Harta juga mengambil dua unit Legacy SR3 Suites Combi dari Laksana. Kedua bus tersebut dipakai untuk melayani rute Denpasar-Yogyakarta dengan tarif mulai Rp 370.000.

Terakhir, PO asal Sulawesi yakni Adhi Putra tampak mengambil bus Suites Combi dari Karoseri Laksana. Bus terbaru tersebut dikelir biru dan memakai sasis Hino RM 280.

Belum ada kabar mengenai spesifikasi lengkap dari Suites Combi milik Adhi Putra. Sehingga, sampai saat ini baru ada tiga PO bus yang menggunakan bodi terbaru dari Laksana ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.