Kompas.com - 28/08/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor Co dikabarkan bakal memangkas rencana produksi hingga 40 persen di Jepang, awal September 2022.

Keputusan ini diambil lantaran adanya masalah pada rantai pasokan dan logistik yang terus berlanjut.

Dikutip dari Europe Autonews, Sabtu (27/8/2022), pabrikan otomotif asal Jepang ini menyebut keterlambatan dalam menerima suku cadang dan logistik akibat lock down ketat terkait Covid-19. Situasi ini yang menjadi penyebab pemangkasan produksi hingga berdampak pada beberapa pabrik di seluruh Jepang.

Sebut saja di pabrik perakitan di prefektur Saitama, utara Tokyo, Honda berencana akan memangkas produksi sekitar 40 persen pada awal bulan depan. Sementara dua jalur di pabrik Suzuka di Jepang Barat akan mengurangi rencana produksi sekitar 30 persen pada awal September.

Baca juga: Perbedaan CVTC dan Double CVTC pada Mobil Nissan

Alhasil, ini akan mempengaruhi produksi berbagai kendaraan seperti Honda Vezel, minivan Steowgn, dan Honda Civic.

Pabrik Saitama dan pabrik Suzuka akan memangkas produksi masing-masing sekitar 10 persen dan 30 persen, untuk sisa bulan ini,” kata pembuat mobil dikutip dari Europe Autonews.

Di sisi lain, pesaing Honda, yakni Toyota Motor Corp tetap tetap optimistis pada rencana produksinya, yakni mempertahankan rekor 9,7 juta target produksi kendaraan global.

Honda Civic Type RDoc Honda Honda Civic Type R

Toyota juga memperkirakan jumlah produksi akan terus meningkat, seperti contoh pada bulan ini berhasil memproduksi sekitar 850.000 kendaraan secara global. Kemudian pada bulan berikutnya akan terus berusaha meningkatkan produksi, tergantung pada pasokan suku cadang dan personel.

Imbas di Indonesia

Sebelumnya pihak Honda Prospect Motor juga mengatakan, bahwa krisis pasokan cip semikonduktor juga berimbas untuk pasar Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.