Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisaran Harga Suku Cadang Kaki-kaki Mobil LCGC

Kompas.com - 23/04/2024, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah balik dari kampung halaman usai mudik Lebaran 2024, pemilik mobil sangat disarankan untuk memeriksakan bagian kaki-kaki. Termasuk mengganti suku cadang yang sudah tidak layak digunakan.

Sebelum melakukan pergantian suku cadang, tentu yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah bujetnya. Untuk itu, penting bagi pemilik mobil mengetahui kisaran harga suku cadangnya, seperti tie rod, long tie rod, bushing, ball joint, bearing, dan link stabilizer.

Baca juga: Usai Mudik Lebaran, Jangan Lupa Urut Kaki-kaki Mobil

Sekalipun mobil yang digunakan adalah kategori mobil murah alias low cost green car (LCGC). Tak sedikit juga pemudik yang menggunakan mobil-mobil LCGC, seperti Honda Brio Satya, Toyota Agya dan Calya, serta Daihatsu Ayla dan Sigra.

Link stabil kendaraan rusak timbulkan bunyi pada kaki-kaki kendaraanSetyo Adi/Otomania Link stabil kendaraan rusak timbulkan bunyi pada kaki-kaki kendaraan

Ferry Jensen, pemilik bengkel Rotary Auto, mengatakan, penting sekali untuk memeriksa bagian kaki-kaki. Pemeriksaannya juga sebaiknya dilakukan dengan menggunakan peralatan yang mumpuni.

"Untuk pengecekannya sendiri, kita menggunakan Kyoto Shaking Machine. Biayanya itu sekitar Rp 250.000. Untuk perbaikannya, tergantung dari kerusakannya seperti apa," ujar Ferry, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Ibnu Agha, pemilik bengkel spesialis kaki-kaki Barokah Jaya Spring di Pasar Segar Cinere, Depok, mengatakan, untuk harga suku cadang kaki-kaki mobil LCGC cukup beragam. Tapi, harganya masih ada di kisaran ratusan ribu. Untuk yang harganya tembus jutaan rupiah hanya sokbreker.

Kyoto ShakingRotary Auto Kyoto Shaking

"Kalau untuk bagian kaki-kaki, sebaiknya ganti dengan suku cadang yang baru. Kalau rekondisi, takutnya usianya tidak bertahan lama," kata Ibnu.

Berikut ini daftar kisaran harga suku cadang kaki-kaki mobil LCGC, diambil dari berbagai sumber:

- Tie rod : Rp 300.000 - Rp 400.000 per set
- Long tie rod : Rp 450.000 per set
- Bushing : Rp 225.000 - Rp 300.000
- Ball Joint : Rp 200.000 - Rp 750.000
- Link Stabilizer : Rp 300.000 - Rp 500.000 per set
- Bearing : Rp 250.000 - Rp 450.000
- Sokbreker : Rp 800.000 - Rp 2 jutaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com