Kompas.com - 27/08/2022, 17:02 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, dikabarkan bakal naik. Hal ini mulai menjadi perbincangan di tengah masyarakat, terutama buat pemakai sepeda motor yang pakai Pertalite.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, sebelumnya menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan bakal mengumumkan soal kenaikan harga BBM bersubsidi.

Baca juga: Fitur Unggulan yang Ada pada Mitsubishi Pajero Sport

“Pemerintah masih menghitung beberapa skenario penyesuaian subsidi dan kompensasi energi dengan memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat,” ujar Luhut dalam keterangan resmi, pekan lalu (21/8/2022).

Bike Of The Year - Otomotif Award 2021 All New PCX 160.Dok. Tabloid Otomotif Bike Of The Year - Otomotif Award 2021 All New PCX 160.

Dari berbagai rumor yang berkembang, Pertalite kabarnya bakal naik menjadi Rp 10.000 per liter. Jika benar maka artinya ada kenaikan Rp 2.350 dari banderol saat ini yang masih Rp 7.650 per liter.

Jika benar harga Pertalite naik maka pengendara motor harus mengeluarkan kocek lebih dalam untuk isi bensin penuh.

All New Yamaha Nmax contohnya, yang punya kapasitas tangki 7,1 liter. Jika sebelumnya harus mengeluarkan biaya Rp 54.315 bakal jadi Rp 71.000 jika isi full tank menggunakan Pertalite.

Baca juga: Usia 17 Tahun, Kepemilikan SIM dan Psikologi Pengendara

Honda BeatFoto: Wahana Honda Beat

Kemudian untuk kelas entry level, yaitu Fazzio Hybrid, yang punya kapasitas tangki 5,1 liter. Jika pakai harga lama cukup mengeluarkan Rp 39.015 maka jika Pertalite naik jadi Rp 10.000 per liter maka menjadi Rp 51.000.

Di sisi lain pengguna Honda PCX 160 dengan kapasitas tangki 8,1 liter bakal lebih dalam merogoh kocek ketimbang Nmax. Jika sebelumnya mengeluarkan Rp 61.965 maka menjadi Rp 81.000 jika isi full tank

Untuk kelas entry level, yaitu Beat dan Genio dengan kapasitas tangki 4,2 liter jika pakai harga lama cukup mengeluarkan Rp 32.130 maka hitungannya membengkak jadi Rp 42.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.