Anak Kecil Rentan Terlindas Mobil Saat Keluar dari Garasi

Kompas.com - 15/07/2022, 20:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahaya saat mengemudi datang tidak cuma saat di jalan raya, melainkan juga ketika baru mau menyetir. Bahaya yang dimaksud adalah anak kecil yang masuk blind spot, alias tidak terlihat oleh pengemudi.

Kejadian anak kecil yang tersenggol atau tertabrak mobil yang baru mau jalan memang kerap terjadi. Mengingat tubuh anak yang masih kecil, kadang terhalang kap mesin maupun pintu bagasi, jadi tidak terlihat dari spion.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, kejadian seperti ini marak terjadi di Indonesia. Ada dua penyebab kejadian anak terlindas mobil ini sering terjadi.

Baca juga: Minimalisir Risiko Kecelakaan, Ini Posisi Blind Spot pada Truk

Interior Daihatsu New SigraKompas.com/Donny Interior Daihatsu New Sigra

“Pertama mengabaikan SOP demi keamanan. Hal ini memang mendasar namun kurang diperhatikan bahkan disepelekan banyak pengemudi,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

SOP di sini adalah dengan melakukan kebiasaan mengelilingi mobil sebelum mulai menyetir. Dengan begitu, kondisi lingkungan sebelum mobil bergerak bisa diprediksi.

“Dibutuhkan konsistensi untuk melakukan SOP sebelum mulai berkendara. Misalnya, biasakan kelilingi kendaraan sebelum masuk ke kabin. Amati setiap ada pergerakan obyek yang mendekati,” ucap Sony.

Baca juga: Awas, Kebiasaan Buruk Ini Bikin AC Mobil Cepat Jebol


Jika memungkinkan, bunyikan klakson, tunggu beberapa detik, baru kendaraan bergerak. Penyebab kedua adalah rasa terburu-buru yang dimiliki pengemudi saat masuk kabin kendaraan.

“Pada situasi terburu-buru, kewaspadaan pengemudi pasti menurun. Sehingga banyak sekali yang diabaikan, termasuk mengecek kondisi sekitar,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.