Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Mobil Single Cabin dengan Double Cabin

Kompas.com - 15/07/2022, 18:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil double cabin atau mobil kabin ganda jadi salah satu pilihan mobil penumpang buat pemilik kendaraan yang menyukai mobil berkarakter tangguh.

Di pasaran mobil Indonesia, mobil yang menyerupai pikap ini umumnya tersedia dalam dua jenis, yaitu single cabin (SCab) dan double cabin (DCab) atau kabin ganda. Di mana letak perbedaannya?

Pada mobil SCab, eksteriornya lebih terlihat menyerupai mobil pikap pada umumnya. Hanya ada dua pintu, dengan kapasitas penumpang sebanyak dua orang. Kemudian, bagian belakang mobil merupakan bak muatan, layaknya pikap.

Baca juga: Mau Punya Mobil Double Cabin, Ingat Wajib Uji KIR

Dikutip dari Which Car, mobil SCab umumnya dapat menampung beban hingga 1.000 kilogram lebih. 

Dengan bentuk yang lebih menyerupai pikap, pembeli mobil SCab biasanya memiliki kebutuhan pekerjaan dan bukan untuk kebutuhan pribadi. Sedangkanya pembeli DCab lebih kepada gaya hidup dan untuk penggunaan pribadi.

Kalaupun untuk penggunaan pribadi, mobil SCab lebih cocok untuk keperluan hobi yang dilakukan secara individual. Mobil ini cocok untuk orang yang senang berpergian jauh sendirian.

Test Drive Mitsubishi TritonKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test Drive Mitsubishi Triton

Baca juga: Menimang Perbedaan Mobil Listrik Wuling EV di China dengan Indonesia

Sementara itu, DCab memiliki tambahan satu baris kuris penumpang lagi di belakang kabin pengemudi. Sehingga, mobil DCab memiliki 4 pintu dan dapat memuat hingga 4 sampai 5 orang untuk pergi keluar.

Namun, ukuran baknya cenderung lebih kecil karena space bak muatan terpakai untuk kabin penumpang belakang. Sedangkan untuk kapasitas beban yang bisa ditampung, biasanya cukup tinggi namun berada di bawah mobil DCab.

Selain itu, DCab memiliki fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang terbilang lebih banyak. Beberapa pabrikan bahkan sudah mengklasifikasikan mobil kabin gandanya setara dengan mobil SUV atau mobil penumpang, bukan kendaraan komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com