Awas, Kebiasaan Buruk Ini Bikin AC Mobil Cepat Jebol

Kompas.com - 15/07/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski air conditioner (AC) sudah menjadi fitur wajib, tapi tak sedikit pemilik mobil yang masih asal saat menggunakannya.

Contoh paling sederhana terkait kebiasaan ketika akan mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi AC.

Seperti diketahui, ritual menonaktifkan AC baiknya dilakukan sebelum mesin mobil dimatikan, hal ini dipercaya membuat komponen lebih awet. Demikian juga sebaliknya.

Baca juga: Pindad Gelar Kompetisi Desain Kendaraan Listrik Militer 2022

Namun menurut Rahmat, pemilik Bengkel Rahmat AC Mobil di Jalan Arteri Soekarno Hatta, Semarang, sebenarnya tak ada masalah menyalakan AC saat pertama kali mesin mobil dihidupkan. Tetapi, lebih baiknya tetap menunggu sampai mesin dalam kondisi idle.

"Menyalakkan AC mobil yang benar sebaiknya pas mesin sudah idle stationer. Sekitar 1 menit mesin hidup baru boleh menyalakan AC. Satu lagi, buka dahulu kaca jendela supaya ada sirkulasi udarat," ucap Rahmat, kepada Kompas.com, Kamis (14/7/2022). 

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

Hanya saja Rahmat menjelaskan, kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada keawetan komponen AC, adalah kerap mematikannya ketika mesin sedang berada di putaran tinggi. 

"Kompresor AC menanggung beban berat bila rpm putaran mesin tinggi. Jika pemilik sering melakukan kebiasaan buruk tersebut sangat berisiko mempercepat center piece kompressor lemah," ujarnya. 

Begitu pula pendapat Kepala Bengkel Astra Daihatsu Majapahit Semarang Sapto Pamungkas yang menjelaskan, sebaiknya agar komponen AC yaitu kompresor, kondensor, dan magnetic clutch lebih awet tak disarankan asal mematikan AC. 

Baca juga: AC Mobil Enggak Dingin, Jangan Asal Tambah Freon

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

"Mesin yang dimatikan saat kompresor AC masih berputar akan menimbulkan hentakan pada kompresor AC," kata Sapto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.