Kompas.com - 01/03/2022, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan kendaraan bermotor yang sangat panjang di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat pada periode libur panjang Isra Miraj pada Minggu dan Senin (27-28 Februari 2022) kemarin menjadi perhatian tersendiri.

Pasalnya, kemacetan yang terjadi cukup lama sampai membuat beberapa pengemudi mematikan mesin kendaraannya. Kepolisian pun menerapkan berbagai rekayasa lalu lintas guna mengurai hal itu.

Dalam upaya menghindari kejadian serupa, ada jalur-jalur tertentu untuk ke Puncak yang bisa dipilih oleh pengendara. Tetapi, jalurnya tidak begitu ramah seperti jalur utama.

Baca juga: Jalur Puncak II Bisa Jadi Solusi Kemacetan Berjam-jam

Polisi mengatur lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Polisi mengatur lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Bagi yang pengendara yang dalam keadaan darurat ke Puncak dari arah Jakarta atau Depok, dapat melewati Sentul. Masuklah melalui pintu tol Sentul Selatan, lalu pilih rute menuju Babakan Madang atau Bukit Pelangi (Rainbow Hills).

Nantinya, jalur ini akan mengantarkan pengemudi langsung ke Jembatan Megamendung menuju area Puncak.

Dari Megamendung, langsung belok ke kanan di samping Vimala Hills setelah melewati Simpang Gadog.

Ambil jalur ke arah Cibedug, lalu jika sudah sampai di pertigaan Cibedug, segera pilih jalur kiri menuju Arca Domas.

Setelah itu, bisa melanjutkan perjalanan ke arah Polsek Megamendung. Anda akan melewati beberapa desa seperti Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung, dan Desa Cidokom.

Baca juga: Penyebab Utama Jalur Puncak Bogor Macet Total Akhir Pekan Lalu

Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Nantinya, pengendara akan sampai di Desa Citeko yang cukup dekat dengan Pasar Cisarua.

Alternatif lainnya, bisa melalui Jalur Puncak II yang membentang di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Tapi, jalurnya ini sebagian besar rusak dan licin karena tertimbun tanah tebing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.