Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Macet Parah, Ini Jalan Alternatif Menuju Puncak

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan kendaraan bermotor yang sangat panjang di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat pada periode libur panjang Isra Miraj pada Minggu dan Senin (27-28 Februari 2022) kemarin menjadi perhatian tersendiri.

Pasalnya, kemacetan yang terjadi cukup lama sampai membuat beberapa pengemudi mematikan mesin kendaraannya. Kepolisian pun menerapkan berbagai rekayasa lalu lintas guna mengurai hal itu.

Dalam upaya menghindari kejadian serupa, ada jalur-jalur tertentu untuk ke Puncak yang bisa dipilih oleh pengendara. Tetapi, jalurnya tidak begitu ramah seperti jalur utama.

Bagi yang pengendara yang dalam keadaan darurat ke Puncak dari arah Jakarta atau Depok, dapat melewati Sentul. Masuklah melalui pintu tol Sentul Selatan, lalu pilih rute menuju Babakan Madang atau Bukit Pelangi (Rainbow Hills).

Nantinya, jalur ini akan mengantarkan pengemudi langsung ke Jembatan Megamendung menuju area Puncak.

Dari Megamendung, langsung belok ke kanan di samping Vimala Hills setelah melewati Simpang Gadog.

Ambil jalur ke arah Cibedug, lalu jika sudah sampai di pertigaan Cibedug, segera pilih jalur kiri menuju Arca Domas.

Setelah itu, bisa melanjutkan perjalanan ke arah Polsek Megamendung. Anda akan melewati beberapa desa seperti Desa Pasir Muncang, Desa Megamendung, dan Desa Cidokom.

Nantinya, pengendara akan sampai di Desa Citeko yang cukup dekat dengan Pasar Cisarua.

Alternatif lainnya, bisa melalui Jalur Puncak II yang membentang di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Tapi, jalurnya ini sebagian besar rusak dan licin karena tertimbun tanah tebing.

Herman Suherman, Bupati Cianjur, mengatakan, berharap juga berharap pemerintah pusat segera mengabulkan pembangunan jalur Puncak II.

"Kita berharap segera terwujud pembangunan Puncak II dari anggaran pusat karena mengandalkan anggaran dari pemerintah daerah sangat minim," ujar Herman, disitat dari Antara (28/2/2022).

“Jalur Puncak II merupakan solusi satu-satunya, mengatasi kemacetan total di jalur Puncak,” kata dia.

Melalui jalur tersebut, diperkirakan untuk sampai ke wilayah Bogor hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat jam. Lebih cepat dibandingkan melalui jalur utama Puncak.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/01/134100415/hindari-macet-parah-ini-jalan-alternatif-menuju-puncak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke